Renovasi Makam T.Amir Hamzah Menuju Masjid Azizi Destinasi Wisata Dunia Gubsu, Bupati dan Sultan Langkat Sepakat, untuk Sumut Bermartabat dan Langkat Religius

Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat terlihat dari depan.

Pahlawan nasional T.Amir Hamzah dan Masjid Azizi merupakan dua icon sejarah tak terpisahkan. Kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, terkhusus bagi masyarakat Kabupaten Langkat. Sebab keduanya merupakan bukti dari peradaban kemajuan islam di Bumi Bertuah, pada masanya. Hingga menjadikan Langkat wilayah yang aman, kondusif dan sejahtera untuk dijadikan tempat tinggal semua kalangan etnis, suku dan semua umat beragama, sebelum kedatangan para penjajah.

Bukti itu hingga kini masih terlihat, Langkat memiliki 14 etnis suku dan budaya serta 6  agama yakni islam, kristen, protestan, hindu, budha dan kongucu yang hidup tentram berdampingan.

T.Amir Hamzah putra asli Langkat yang lahir pada 28 Februari 1911 meninggal diusia 35 tahun pada 20 Maret 1946, terkenal sebagai seorang penyair yang sajak puisinya mampu membangkitkan gelorah semangat perjuangan,  adalah seorang muslim tauladan. Terlihat bukan saja pada penampilannya yang selalu berpeci, namun juga dari sikap dan tutur kata yang santun, tegas, jujur dan berani, bak Saidina Ali.

 

Gubsu, Bupati serta Sultan Langkat di acara syukuran pemindahan mahkam T. Amir Hamzah di Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/2/2020).  

 

Sementara, Masjid Azizi didirikan Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899 dan diresmikan anaknya Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah pada  13 Juni 1902. Merupakan bangunan bersejarah peninggalan dari  kejayaan Kesultanan Langkat, juga sebagai bukti nyata kemajuan dari peradaban Islam yang mencapai puncaknya.

Wajar saja, Gubernur Sumatera Utara H.Edy Rahmayadi, Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Sultan Langkat Tuanku Azwar Djalil Rahmad Shah Al-Hajj.  Bertiganya sepakat untuk perencanaan renovasi masjid Azizi menuju destinasi wisata dunia, dimulai dari pemindahan mahkam T.Amir Hamzah, untuk diperindah.

Sebagai bentuk memuliakan dan penghormatan serta pemeliharaan  bagi kedua icon bersejarah yang tak ternilai   milik bangsa ini, menuju Sumatera Utara yang bermartabat dan Kabupaten Langkat yang semakin religius.

Acara pemindahan mahkam

Gemuruh lantunan doa yang diaminkan ratusan undangan, surat yasin, tahtim dan tahlil yang dibacakan, menjadi tanda pemindaham mahkam pahlawan nasional, dari peristirahatan sebelumnya, ke lokasi halaman depan Masjid Azizi tepat disebelah kiri. Digelar pada acara syukuran di Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/2/2020).

“Izinkan saya sebagai Putra Langkat, untuk membangun Langkat ini,”sebut Gubsu diacara syukuran itu.

 

Makam Pahlawan Nasional T. Amir Hamzah yang berada di halaman Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

 

Gubsu juga mengaku, sangat mengapresiasi rencana ini, sebab sejalan dengan rencananya untuk menjadikan Masjid Azizi destinasi wisata religius dunia.

“Selain untuk memuliakan, juga untuk meletakkan kelokasi yang lebih layak, karena mahkam T. Amir Hamzah dan Masjid Azizi adalah bukti sejarah Islam di Langkat yang pantas untuk dipelihara dan dijadikan destinasi wisata dunia, ” yakinnya.

Senada, Bupati Langkat juga mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi, sebab selain  sejalan dengan Gubsu hal ini juga selaras dengan visi misinya, yakni menjadikan Langkat religius. “Semoga semuanya berjalan lancar dan tercapai seperti yang diinginkan, ” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan, Pemkab Langkat  sangat menghormati dan menghargai jasa T. Amir Hamzah dengan mengabadikan namanya. Diantaranya, dengan membangun  tugu T. Amir Hamzah sebagai monument di Langkat, serta membangun taman T. Amir Hamzah  pada 1987, yang berlokasi  di Kecamatan Stabat.

“Selain itu, tepatnya pada tahun 2015 lalu. Pemkab Langkat juga  membangun Taman Budaya T. Amir Hamzah, terletak disebelah kantor Bupati Langkat,” ungkapnya.

Bahkan, baru baru ini pada 27 agustus 2019, Bupati juga telah mengusulkan kepada Arkeolog Prof. Datok Dr. Mukhtar Saidin dari pusat penelitian Arkeologi Global Pulau Penang Malaysia, untuk mengusulkan Masjid Azizi kepada Unesco melalui Lembaga Cagar Budaya Provsu dan Kementrian Pariwisata RI, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

 

Gubsu memberikan sambutan di acara syukuran pemindahan mahkam T. Amir Hamzah di Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (29/2/2020).  

 

Sementara, Sultan Langkat selaku Sohibul Hajat, menjelaskan, pemimdaan ini bertujuan untuk memuliakan T.Amir Hamzah, sebab mahkamnya nanti akan dibangun lebih baik dan layak dari sebelumnya. “Ini semua untuk memuliakan dan sebagai bentuk penghormatan kita, kepada pahlawan nasional negeri ini, ” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Sultan Langkat, selain memohon doa untuk kelancaran pemindahan mahkam, juga mengucapkan terimakasih kepada Gubsu dan Bupati Langkat serta semua pihak atas dukungannya. Hingga rencana ini dapat dilaksanakan.

“Semoga niat baik kita semua ini, menjadi bukti bahwa kita adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Serta sebagai bukti kepedulian kita, menjaga sejarah agar sampai kepada anak cucu, ” sebutnya.. ***

Print Friendly, PDF & Email