Patroli Gabungan Ditpolairud dan BC Tangkap Penyeludup 500 Balpres Asal Malaysia

#hendrik-rompas, belawan

Kapal Patroli gabungan Ditpolairud Polda Sumut dan Ditjen Bea Cukai berhasil menangkap Kapal KM Doa Ibu bermuatan 500 Ballpres seludupan asal negara Malaysia yang akan diseludupkan ke Tanjung Asahan pada Sabtu (11/07/2020.)

Kapal Patroli Gabungan Ditpolairud Polda Sumut dan Ditjen Bea Cukai menangkap satu unit Kapal Motor (KM) Doa Ibu yang bermuatan 500 Ballpres tersebut dikawasan perairan Tanjung Balai Asahan Propinsi Sumatera Utara pada Sabtu 11 Juli 2020 sekira pukul 04.00 wib pada saat kapal tersebut landas diposisi Kordinat N.3 Derajat 5 Menit 28 Detik 00.Detik,E.99 Derajat 47 Menit.15.288 Detik di wilayah perairan Sei Baru Tanjung Balai Asahan

Berdasarkan informasi, sebelumnya Kapal Patroli Ditpolairud Polda Sumut yakni KP II- 2022 Bripka Rudy Wae dan Kapten KP II – 2004 Bripka Ngatno, bersama BC 1508 Tanjung Balai dan Raider BC Tanjungbalai Karimun, pada Sabtu 11 Juli 2020 sekira pukul 04.00 wib melakukan Patroli bersama di seputaran perairan Tanjung Balai Asahan.

Menurut Direkrur Polairud Polda Sumut AKBP Roy HM Sihombing melalui Kasubdit Gakkum Kompol  PG. Silaban menjelaskan kepada awak media, sekira pukul 04.00 wib Patroli Gabungan  menangkap KM. Doa Ibu, yang bermuatan kurang lebih 500 Ballpres. “Muatannya kurang lebih 500 Ballpres. Pada saat kita amankan, KM. Doa Ibu dalam kondisi kandas akibat air laut sedang surut. Sedangkan, Nakhoda dan ABK berhasil melarikan diridengan cara melompat kelaut.Mereka berenang menuju ke hutan bakau saat melihat kedatangan kapal Patroli gabungan menghampiri kapal mereka jelas AKBP Roy HM Sihombing melalui Kompol PG. Silaban.

Pihaknya juga mengatakan, diduga barang tersebut diselundupkan dari Malaysia. Saat ditangkap, KM. Doa Ibu berada pada posisi koordinat N.3 derajat 5 menit 28.00 detik, E. 99 derajat 47 menit.15. 288 detik di Wilayah Perairan Sei Baru Kabupaten Asahan.

Untuk selanjutnya, KM  Doa Ibu akan di adhock ke kantor Ditpolairud Polda Sumatera Utara dan kemudian setelah kapal tersebut diperiksa petugas Polairud selanjutnya akan diserahkan ke Bea dan Cukai Belawan, dan perkara ini akan ditangani oleh pihak Bea dan Cukai,” pungkasnya.Sementara itu Humas Bea Cukai,Amri saat dikonfirmasi melalui HPnya tidak dijawab dan ketika dikirimi WA juga tidak ada balasan. ***

Foto  Kapal penyeludup 500 Balpres. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email