Ketua DPRDSU Minta Gubsu Imbau Pemkab/Pemko Pinjamkan Damkar Bersihi Debu Vulkanik Gunung Sinabung

#jack, medan

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting minta Gubsu Edy Rahmayadi menghimbau Pemkab/Pemko terdekat dengan Kabupaten Karo yang terkena erupsi Gunung Sinabung memberi baantuan meminjamkan mobil damkar (pemadam kebakaran) guna membersihkan tumpukan debu vulkanik ‘dimuntahkan’ Gunung Sinabung Senin kemarin (10/8/2020).

“Saat ini Kabupaten Karo butuh bantuan untuk membersihkan tumpukan debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung, seperti mobil damkar bisa digunakan, tapi mobil damkar Pemkab Karo tidak  hanya beberapa unit tidak mampu membersihkan semua wilayah di Karo yang terkena hujan debu vulkanik,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Selasa (11/8/2020) saat berada di Tanah Karo.

Menurutnya, mobil damkar harus lebih banyak jumlahnya dikerahkan untuk membersihkan tumpukan debu vulkanik yang sangat mengganggu warga masyarakat. Beberapa kabupaten yang berdekatan dengan Karo memiliki mobil damkar dapat dimanfaatkan untuk membantu membersihkan debu vulkanik tersebut. “Disini kita minta Gubsu menghimbau mereka agar mengerahkan mobil damkarnya,” ujar Baskami.

Dikatakan Baskami, tumpukan debu dari erupsi Gunung Sinabung menggangu semua aktivitas masyarakat di luar rumah, bahkan juga dapat merusak lahan pertanian yang dapat mengakibatkan petani mengalami kerugian cukup besar dan terancam gagal panen.

Selain menutupi areal pertanian milik warga, kata Baskami lagi, abu vulkanik Gunung Sinabung juga membuat kondisi jalan dan pemukiman penduduk menjadi berlumpur. “Kondisi yang memprihatinkan itu, kabupaten/kota yang bertetangga dengan Karo perlu segera memberikan bantuan ikut membersihkan debu vulkanik dengan menggunakan mobil damkar masing-masing dan tak kalah pentinnya Pemkab/Pemko membantu penyediaan masker bagi warga,” ujarnya.

Dalam kondisi sekarang, ungkap Baskami lagi, masyarakat Karo khususnya di wilayah jatuhnya hujan debu vulkanik harus memakai masker agar debu yang berterbangan tidak mengganggu pernapasan, karena Gunung Sinabung kembali erupsi menimbulkan kekuatiran masyarakat.***

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts