Peringati HSN Bupati Langkat Berangkatkan Haji 1 Guru dan Umrohkan 6 Santri Ponpes

#jack, langkat

Baik kalangan bangsa Indonesia maupun mancanegara, sejak lama telah mengenal Langkat sebagai negeri para ulama. Terbit Rencana PA melalui jabatan yang diembannya sebagai Bupati Langkat  tidak ingin kereligiusan tersebut punah dari Negeri Bertuah ini.

Sehingga, melalui amanah masyarakat yang diberikan padanya selama lima tahun kedepan, dirinya mengupayakan  masyarakat Langkat semakin religius, melalui pencapaian visi misinya.

Salah satu upaya nyata tersebut, Bupati Langkat mendukung sekaligus memberikan motivasi kepada para guru dan santri yang ada di Kabupaten Langkat, disampaikan saat bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020, di Ponpes Modern Darul Ulum Al Muhajirin Desa Padang Cermin, Kamis (22/10/2020).

Yakni memberangkatkan Haji 1 orang serta mengumrohkan 6 orang Santri Pesatren secara gratis dari dana pribadi beliau. Ibadah Haji diberikan kepada kepala sekolah Aliyah Ponpes Modern Darul Ulum Al- Muhajirin, atas nama Yayuk Susanti. Serta memberangkatkan Umroh kepada 6 orang Santri, yang nantinya dipilih oleh Kakan Kemenag Langkat.

Selain itu, Bupati juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan ruang kelas Ponpes Modern Darul Ulum Al- Muhajirin, dengan kapasitas  2  lantai terdiri dari  24 lokal.

Saat bertindak sebagai Irup, Bupati menyampaikan, peran dan fungsi para lulusan pondok pesantren telah memberikan pengabdian yang besar, dalam masa perjuangan meraih dan mengisi kemerdekaan.

Hal ini adalah kebanggaan bangsa, yang diharapkan menjadi motivasi yang kuat, bagi pimpinan yayasan, pimpinan pondok, para tenaga pendidik serta seluruh santri. Agar menjaga integritas kemuliaan pondok pesantren, sehingga tetap menjadi kebanggaan ummat dan bangsa. “Atas nama pribadi dan pemerintah, saya ucapkan selamat Hari Santri kepada seluruh keluarga besar Pondok Pesantren yang ada di Langkat, semoga Pesantren tetap dan terus menjadi kebanggaan ummat, dalam mencetak generasi muda yang kuat secara iman, ilmu dan amal. Sehingga kereligiusan Langkat tetap terawat dan terjaga,” pungkasnya.

Selanjutnya, Bupati berpesan kepada para santri, untuk terus belajar dengan tekun,  membekali diri dengan ilmu dan akhlak,  menjaga adab dengan seutuhnya. “Teruslah menjadi kebanggaan bangsa. Ingatlah bahwa kedudukan adab berada diatas ilmu,” cetusnya.

Sembari menghimbau, agar seluruh pesantren di Langkat ikut serta dalam upaya pemutusan mata rantai penyebaran covid 19, dengan menjadi contoh tauladan mematuhi anjuran pemerintah menerapkan  protokol kesehatan. “Mari sama kita patuhi Prokes covid 19 serta bersama berdoa meminta pertolongan Allah SWT, agar wabah ini lekas berakhir dan kita semua sehat. Sehingga terwujudnya santri sehat Indonesia kuat, sesuai dengan tema yang diusung,”sebutnya.

Usai upacara, Kakan Kemenag Langkat  Zulfan Efendi, mengatakan pelaksanaaan upacara ini dengan menerapkan Prokes covid 19, serta  berterimah kasih kepada Bupati Langkat beserta jajaran, yang telah hadir pada peringatan HSN.  Ia juga menyampaikan, upacara ini dilaksanakan secara serentak se Indonesia,  di pusatkan di Kemenag RI dan di ikuti oleh daerah secara Virtual.

Selain upacara, peringatan HSN yang dilaksanakan setiap 22 Oktober ini, kali ini dirangkaikan zikir dan doa bersama dengan  para santri untuk mendoakan bangsa ini segera terbebas dari covid 19.

Turut hadir Sekdakab Langkat Dr.H.Indra Salahudin, para Asisten dan  Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD dijajaran Pemkab Langkat, Camat Selesai beserta Forkopimca  Selesai, Pendiri yayasan dan pimpinan serta para tenaga pendidik Ponpes Modern Darul Ulum Al-Muhajirin dan Kades Padang Cermin. ***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts