Imbau Terapkan Prokes, Plt. Camat Kisaran Timur Hadiri Pelantikan PTPS

#jaka, asahan

Pelaksana Tugas (Plt.) Camat Kota Kisaran Timur H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. mengingatkan kepada seluruh Pengawas TPS untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas di wilayah tempat pemungutan suara.

Imbauan itu disampaikan Hidayat saat hadir dan memberikan bimbingan serta arahan dalam acara pelantikan Pengawas TPS se-Kecamatan Kota Kisaran Timur, Senin (16/112020) di Dizza Cafe Jalan Budi Utomo Kelurahan Siumbut Baru Kisaran.

Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 itu, juga mengapresiasi Panwaslu Kota Kisaran Timur atas atensinya dalam melaksanakan kegiatan tersebut yang mempedomani protokol kesehatan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayah Kabupaten Asahan khususnya di Kota Kisaran Timur.

Menurutnya, dengan melakukan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, secara otomatis membantu Pemerintah Kabupaten Asahan dalam meminimalisir penyebaran dan penularan Covid-19 di Kabupaten Asahan.  “Kegiatan – kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa yang menimbulkan kerumunan, jika tidak mengindahkan protokol kesehatan, bisa dan sangat berpeluang menimbulkan klaster – klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Untuk itu, Hidayat mengajak seluruh PTPS yang baru dilantik agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M yaitu;  memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan pakai sabun serta meningkatkan imunisasi agar tubuh tetap sehat.

Pada kesempatan itu, Hidayat mengucapkan selamat dan meminta PTPS dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab demi kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tahun 2020. “Laksanakan tugas sesuai dengan tupoksi dan rasa tanggung jawab serta bekerja dengan ikhlas, anggaplah apa yang kita kerjakan sebagai amal ibadah kita,” pintanya.

Pemerintah Kabupaten Asahan akan membentuk tim kepung kampung yang di dalamnya ada Lurah, Kepling, Babinsa, Babinkamtibmas dan unsur masyarakat lainnya ada di masyarakat untuk memantau penyelenggaraan Pilkada ini tetap berjalan dengan aman dan tentram. “Pantau dan jaga terus Pilkada tahun 2020 ini, jauhkan masyarakat dari politik uang dan kampanye hitam, yang mana itu merupakan tugas kita sebagai petugas penyelenggara pemilu,” harapnya kepada seluruh PTPS se-Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Sementara, ketua Panwaslu Kecamatan Kota Kisaran Timur Ir. Yanto menyambut baik arahan dan bimbingan yang disampaikan Plt. Camat Kota Kisaran Timur kepada Pengawas TPS yang baru dilantik terkait penerapan protokol kesehatan.

Dia mengatakan, pada Pemilu Tahun 2020, diatur secara spesifik seluruh tahapan pemilihan harus mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serentak lanjutan di tengah wabah pandemi Covid-19. “Setiap tahapan pemilihan yang melanggar protokol kesehatan akan dikenai sanksi diawali dari peringatan secara lisan, tertulis, pembubaran dan bahkan pidana kurungan setelah berkoordinasi dengan KPU dan Satgas Penangan Covid-19 setempat,” ujarnya.

Pelantikan dan pembekalan 193 PTPS itu dibagi menjadi 2 sesi dimulai dari pukul 09.00 WIB dihadiri Dan Ramil Kota Kisaran, Kapolsek Kota Kisaran, seluruh Lurah se-Kecamatan Kota Kisaran Timur dan undangan lain dengan menerapkan protokol kesehatan. ***

 

Print Friendly, PDF & Email