Ketua IKAMA Narasumber Acara Pembinaan Dubas Sumut

#japs, Medan.

Muhri Fauzi Hafiz, Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri Matauli (Ikama) periode 2016-2020, Sabtu 21/11/2020, menjadi narasumber utama pada acara Pembinaan Duta Bahasa yang diselenggarakan oleh Ikatan Duta Bahasa (Dubas) Sumatera Utara, di aula Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Medan.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Salbiyah Nurul Aini, berlangsung secara meriah dan memenuhi protokol kesehatan, diikuti oleh 25 orang Dubas Sumut dan pengurus ikatan Dubas. Pada kesempatan sambutannya, Salbiyah Nurul Aini mengharapkan agar para Dubas Sumut bisa aktif di organisasi Ikatan Dubas yang sudah ada dan terus meningkatkan prestasi masing-masing yang dimiliki untuk berkontribusi terhadap pengutamaan Bahasa Indonesia di ruang publik.

Ditempat yang sama, Muhri Fauzi Hafiz, kepada para peserta mengatakan, “Sebagai Dubas Sumut yang sudah mendapatkan pembinaan dari Balai Bahasa, tentu harus lebih aktif dalam menjaga bahasa Indonesia di tengah-tengah masyarakat. Sehingga semakin banyak masyarakat yang cinta Bahasa Indonesia. Apalagi kita sudah mengetahui bahwa provinsi Sumatera Utara telah memiliki Perda Provinsi Sumatera Utara Nomor 8 tahun 2017 tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Pelindungan Bahasa Daerah dan Sastra Daerah. Teman-teman Dubas Sumut bisa melakukan sosialisasi atas Perda ini, sehingga bisa banyak diketahui Masyarakat,” kata Muhri Fauzi Hafiz sebagai narasumber.

Muhri Fauzi Hafiz, juga menambahkan agar para Dubas Sumut terus tumbuh dan berkembang melalui organisasi Ikatan Dubas yang sudah ada.

“Mengelola organisasi itu memang membutuhkan kesabaran dan kesungguhan agar apa yang diharapkan bersama, manfaat yang mau diambil serta tujuan yang hendak dicapai bisa diwujudkan bersama-sama. Ketua organisasi adalah kekuatan utama dalam menggerakkan organisasi. Manajemen dan pengelolaan organisasi itu harus dilakukan oleh Ketua dan diikuti anggota sehingga organisasi bisa memberikan manfaat buat anggota. Organisasi Ikatan Dubas harus punya karya misalnya Buku karya para Dubas yang berisi pengalaman dan tips untuk calon Dubas tahun berikutnya, karya ini akan menjadi kontribusi nyata buat Masyarakat,” kata Muhri Fauzi Hafiz, mengakhiri.

Acara pembinaan Dubas Sumatera Utara, merupakan program rutin dari kantor Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara dalam pembinaan generasi muda untuk tetap mencintai Bahasa Indonesia. (*)

Print Friendly, PDF & Email