Pemkab Langkat Berusia 271 Tahun, PB MABMI Puji Komitmen Bupati Terbit Rencana PA

  • Gubsu Edy : Parawisata Langkat Andalan Sumut

 #jack, stabat

Pengurus Besat Majelis Ada Budaya Melayu (PB MABMI) memberi apresiasi yang sangat positif kepada Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.

“Komitmen mepertahankan resan Melayu bagus sekali, itu sangat baik , ” kata Ketua Umum PB MABMI Dato’ H Syamsul Arifin SE disela-sela rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-271 Pemkab Langkat di Stabat, Minggu (17/1).

Apresiasi berupa dukungan dan penghargaan disampaikan, merespon komitmen tegas Bupati Terbit Rencana Peranginangin yang menyatakan tidak akan pernah mengubah dan selamanya akan mempertahankan adat budaya melayu di  bumi Langkat.

Dukungan disampaikan PB MABMI, sebab komitmen seperti ini menurut mantan Gubsu Syamsul Arifin, akan mendorong dan semakin menumbuhkan sikap positif masyarakat mengikuti langkah dan kebijakan pemimpinnya mewujudkan Kabupaten Langkat yang maju, sejahtera dan religius.

“Saat seorang pemimpin  senantiasa memahami , menghargai dan menghormati budaya masyarkatnya , itulah salah satu cikal bakal seorang pemimpin akan dicintai rakyatnya ,” kata Syamsul yang dalam kehadirannya di acara itu tetap akrab dan dekat dengan semua kalangan..

Saat sarapan pagi di tempat sarapan pinggir jalan di Stabat, hampir semua warga di warung tersebut menyapa Syamsul. Ada yang bilang sangat senang ketika pesta pernikahannya Bupati Syamsul  datang. Ada yang melaporkan ayahandanya yang dulu dekat dengan Syamsul sudah meninggal.

Yang lainnya bilang dia masih tetap di tempat kerjanya semasa Syamsul bupati, dan kondisi kerjaanya tetap baik sampai sekarang ini. Tidak ketinggalan pemilik warung, mengaku bangga karena semasa aktif jadi bupati hingga sekarang Syamsul tetap datang sarapan walau warungnya sangat sederhana.

Semua mereka ini umumnya minta foto bersama bahkan diantaranya ada yang sampai berlutut  saat mengungkapkan rasa bahagianya bertemu pemimimpin. Semua warga ini dilayani Syamsul dengam baik dan dekat penuh senyum , juga pesan bernada nasehat.

Tidak hanya di warung, di rangkaian acara HUT Pemkab Langkat, kalangan pegawai, unsur staf menyambut hangat tokoh yang ditabalkan marga Silaban ( Toba) dan merga Sembiring ( Karo) .

Tidak juga ketinggalan kalangan wakil rakyat saling bergantian mendekat dan foto bersama dengan sahabat semua suku ini. Dan di acara itu sendiri, mantan bupati dua periode ini adalah salah satu tokoh yang mendapat bingkisan wujud penghargaan atas jasa pengabdiannya memajukan masyarakat dan daerah Langkat.

Bingkisan itu sendiri langsung disampaikan Bupati Terbit Rencana didampingi isteri dan Wakil Bupati H Syah Afandin. Bupati Langkat juga memberikan kue ulang tahun kepada segenap tokoh yang hadir dalam peringatan HUT Langkat ke-271 tersebut, dirangkaikan makan bersama diisi hiburan.

Dalam pidato HUT ke 271 Pemkab Langkat itu sendiri, Bupati Terbit Rencana, selain menyampaikan komitmen mempertahankan adat budaya Melayu, juga menyatakan akan memelihara hasil pembangunan yang telah ditorehkan segenap pemimpin bagi kemajuan daerah dan masyarakat Langkat. Bupati Langkat pun berharap bersama seluruh jajarannya bisa terus meningkatkan pembangunan menuju Langkat yang maju, sejahtera dan religius.

Walau meraih sejumlah prestasi di tahun 2020, Bupati Langkat justeru rendah hati, menyatakan yang diperbuat belumlah seberapa, untuk itu dia bertekad mewujudkan yang terbaik dalam kepemimpiunnanya.

Gubsu Edy: Pariwisata Langkat Andalan

Selain pengembangan wisata Danau Toba, Pemerintah Provinsi (Pempov) Sumatera Utara (Sumut) juga fokus pada pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Langkat.

Di antara destinasi yang menjanjikan yaitu wisata alam Tangkahan, Bukit Lawang, wisata sejarah dan wisata religi.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutanya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumt R Sabrina pada Rapat Paripurna DPRD Langkat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-271 Kabupaten Langkat, Minggu (17/1) di Gedung DPRD Langkat.

“Pemprov Sumut saat ini berkomitmen untuk mempercepat pengembangan sektor pariwsata. Selain wisata Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia, Pemprov Sumut juga mengembangkan destinasi wisata Bukit Lawang dan Tangkahan. Disamping itu juga akan dikembangkan wisata sejarah dan religi,” ujar Sabrina.

Pemprov Sumut berencana membenahi beberapa hal di kawasan tersebut, salah satunya adalah mengaspal jalan tembus dari Bahorok menuju Tangkahan, perbaikan sarana dan prasarana menuju kawasan wisata serta sentra produksi UKM di Kabupaten Langkat. Pemprov juga berencana melakukan revitalisasi sejarah Tengku Amir Hamzah yang merupakan Pahlawan Nasional asal Bumi Langkat.

“Kabupaten Langkat sudah sepatutnya bersyukur karena dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa alam yang subur dan indah, serta keberagaman masyarakat, budaya dan agama. Hal ini harus dijadikan sebagai kekuatan dalam mendukung setiap program pembangunan di Kabupaten Langkat. Untuk itu semua pihak harus bersatu padu menyukseskan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Langkat,” sebutnya. ***

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts