PWI Audensi ke Diskominfo Langkat, Sebagai Langkah Jalankan Program

#jack, langkat

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat menerima audensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Langkat, Rabu (19/1/2021). Kedatangan ketua PWI Langkat M. Darwis Sinulingga bersama sejumlah pengurusnya, yakni Sajari, Hariadi, Sukardi Bakara dan Budi Zulkifli.

Disambut, Kadis Kominfo H. Syahmadi didampingi Kabid IKP Diskominfo M. Faisal, di Ruang Kadis Kominfo, Kantor Diskominfo Langkat, Stabat.

Dikesempatan itu, Yong Ganas, sebutan akrab Darwis, menjelaskan, audensi ini sebagai langkah lanjutan, kerjasama dan komitmen antara PWI dengan Pemkab Langkat melalui Diskominfo, untuk bersinergi menjalankan program membangun Langkat melalui tupoksi informasi komunikasi publik  (IKP).

Selanjutnya, Yong Ganas menyampaikan sejumlah program kerja jangka pendek, terkait peningkatan kualitas publikasi di Negeri Bertuah.

Pertama, PWI ditahun 2021 ini, akan mengelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).  Ditujukan kepada para wartawan yang bertugas di Langkat.

Tujuannya, untuk melahirkan para jurnalistik yang handal dan profesional, sesuai amanat UU No 40 tahun 1999 tetang Pers. “Jadi untuk menyelenggarakan UKW ini, kami butuh dukungan dari Diskominfo,” sebutnya.

UKW ini, kata Darwis, diyakini dapat lebih menguatkan sinergitas antara pers dengan Pemkab Langkat dalam pembangunan.

Sesuai dengan fungsi pers di era reformasi ini, sebagai pilar keempat demokrasi setelah yudikatif, eksekutif dan legislatif. “Tanpa membelenggu prinsip kebebasan pers, itu sendiri,”

Selain itu, sambung Darwis, pihaknya ingin pers di Langkat profesional dan membanggakan nama pers itu sendiri. Sehingga praktek- praktek oknum wartawan yang mengatas namakan pers, tanpa mengacu pada kode etik pers, dapat di minimalisir dan dihilangkan. “Jadi dengan lulus UKW, wartawan itu pasti sudah profesional. Sebab sudah mengantongi sertifikasi yang diakui Dewan Pers. Maka dapat meminimalisir praktek diluar kode etik jurnalistik,”terangnya.

Kedua, sebut Darwis, pihaknya akan mengadakan diklat jurnalistik dan fotografi untuk insan pers. Tujuannya sama, agar jurnalis Langkat semakin dan lebih profesional lagi dalam menyampaikan berita-berita aktual.

Serta mampu, menghindari berita hoax kepada masyarakat. “Karena sejatinya, insan pers adalah penyambung lidah antara pemerintah dengan rakyat. Juga sebagai agen perubahan menuju arah yang lebih baik dalam menyajikan berita yang benar serta berimbang,” pungkasnya.

Terakhir, kembali Darwis menyampaikan, pihaknya berencana mengagendakan coffee morning/pertemuan setiap dua bulan sekali, antara PWI dengan Pemkab Langkat.

Dalam suasana yang santai, membahas dan saling bertukar pikiran, memberikan masukan dan saran, terkait pembangunan dan kebijakan komunikasi publik di Langkat, seusai dengan visi misi Bupati Langkat.

Menanggapi itu, Kadis Kominfo, sangat sepakat dan menyambut baik. Selain akan mendukung secara penuh, Kadis Kominfo juga, akan segera mengoordinasikan program tersebut, dengan OPD terkait lainnya, untuk teknis pelaksanaannya. “Saya dukung, karena program ini, sesuai keinginan dan arahan Bupati Langkat Terbitan Rencana PA,” ungkapnya.

Serta berharap, dengan adanya sinergi ini, hubungan antara PWI dengan Pemkab Langkat ini, semakin baik dan kuat.

Yakni, PWI sebagai kontrol sosial dapat menyelaraskan kebijakan komunikasi publik dengan Pemkab Langkat, dalam keterkaitannya dengan pembangunan Langkat. “Selama ini sudah terjalin baik, jadi dengan sinergitas ini, dapat membuat semakin baik lagi, hubungan PWI dengan Pemkab Langkat,”ujarnya. ***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts