Wakil Bupati Asahan Menutup Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan

#jaka, asahan

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S. Sos., M. Si. secara resmi menutup kegiatan Festival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2021, Sabtu (27/2/2021) di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran.

Taufik yang baru dilantik Gubsu sebagai Wakil Bupati Asahan mendampingi H. Surya, B. Sc. sebagai Bupati Asahan periode 2020 – 2024 menyampaikan, bahwa kegiatan Festival Seni Nasyid kali ini merupakan program Pemerintah yang dilaksanakan secara berjenjang setahun sekali sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kesenian Islam. “Untuk itu, diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan Festival Nasyid memberi bekas dan pengaruh positif dan dapat dirasakan nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat kita ke depan,” ujarnya.

Untuk mengikuti Festival Seni Nasyid ke tingkat yang lebih tinggi, Pemerintah Kabupaten Asahan akan melakukan seleksi ulang di Pusat Pelatihan di Training Center (TC) guna menjaring bakat dan ketrampilan peserta mewakili Kabupaten Asahan.

Taufik juga mengingatkan, agar grup yang meraih kemenangan untuk tetap berlatih, karena kemenangan hari ini bukan mutlak menjadi duta Kabupaten Asahan ke tingkat Provinsi. “Saya ucapkan selamat bagi yang meraih kemenangan, bagi yang belum berprestasi teruslah belajar agar ke depan bisa mendapat kemenangan,” tutup Taufik sembari mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan dan seluruh masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan itu.

Sementara, Wakil Sekretaris Panitia Festival Seni Nadyid tingkat Kabupaten Asahan Ali Muqhofar, S. Sos., M. A. P. melaporkan, bahwa kegiatan tersebut dimulai sejak 24 sampai 27 Februari 2021 dengan peserta sebanyak 48 grup terdiri dari 23 grup putra dan 25 grup putri berjalan sesuai harapan masyarakat.

Beliau juga menyampaikan, bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan serta hadiah berupa trophy dan uang tunai.

Acara penutupan diakhiri dengan pengumuman hasil Festival Seni Nasyid tingkat Kabupaten Asahan oleh Sekretaris Dewan Juri Drs. H. Damanhuri Lubis, M. Pd. dengan rincian sebagai berikut; Juara I putra Kecamatan Sei Kepayang Barat, Juara II Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Juara III Kecamatan Tanjung Balai.  Juara I putri Kecamatan Kota Kisaran Barat, Juara II Kecamatan Kota Kisaran Timur dan Juara III Kecamatan Aek Ledong.

Untuk Juara harapan putra I Kecamatan Air Joman, Juara harapan II Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Juara harapan III Kecamatan Air Batu. Sedangkan untuk Juara harapan I Kecamatan Sei Kepayang Barat, Juara Harapan II Kecamatan Sei Dadap dan Juara Harapan III Kecamatan Air Joman.

Selain itu, Vokalis terbaik diraih  Nurjannah Lubis dari Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Muhammad Daud Kecamatan Sei Kepayang Barat. Instrumen terbaik diraih grup Kota Kisaran Timur (Putra) dan grup Kota Kisaran Timur (Putri), Busana terbaik diraih Kecamatan Sei Dadap (Putri) dan Kecamatan Air Batu (Putra).

Hadir pada kegiatan itu, Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan, OPD, Camat dan tamu undangan lainnya. ***

 

Print Friendly, PDF & Email