Masyarakat Apresiasi Komitmen Pemkab Sergai Priritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

#jack, sipispis

Perhatian tinggi Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, terhadap pembangunan infrastruktur publik terutama fasilitas jalan di banyak daerah mendapat apresiasi yang sangat besar dari masyarakat.

Seperti terlihat ketika keduanya menghadiri acara syukuran atas pembangunan jalan sepanjang 4.744 M di Desa Damak Urat, Kecamatan Sipispis, Rabu (30/06/2021). Selain jalan aspal, peningkatan infrastruktur juga diikuti dengan pembangunan leningan (bronjong parit).

Bupati menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan masyarakat yang luar biasa di mana pada hari ini dirinya dan Wakil Bupati disambut dengan berbagai ritus budaya Simalungun seperti penyematan ulos dan topi gotong serta sajian tarian khas Simalungun. Masyarakat juga memberikan bermacam hasil bumi seperti kelapa dan pisang kepada Bupati dan Wabup Sergai. “Kami ingin sampaikan bahwasnya Kecamatan Sipispis, terkhusus Desa Damak Urat, memiliki potensi yang besar, terutama dari aspek pertanian. Karena itulah perlu ada dukungan sarana prasarana, salah satunya infrastruktur jalan yang layak, yang tentu dapat mendukung mobilitas masyarakat dan secara langsung akan ikut memutar roda perekonomian,” katanya.

Kedepan dalam waktu dekat, Bupati juga menyebut pembangunan infrastruktur akan terus dilanjutkan, termasuk di Kecamatan Sipispis. “Insya Allah, diproyeksikan tahun ini juga akan dilaksanakan pembangunan jalan sepanjang 10 KM di Sipispis. Bronjong jalan yang ada juga akan ikut diperbaiki. Akan tetapi kami mengimbau kepada desa supaya jalan yang baru dibangun ini dijaga dan dirawat. Setidaknya tiap desa bisa menyiapkan 2 orang yang ditugaskan untuk itu,” ucapnya.

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini Bupati pun meminta partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program vaksinasi yang menjadi agenda nasional pemerintah dalam proses percepatan penanganan pandemi Covid-19. “Masyarakat harus mengetahui pentingnya vaksinasi ini dalam menciptakan kekebalan massal terhadap ancaman pandemi. Masyarakat,  terutama lansia, bisa mengikuti vaksinasi di setiap puskesmas yang ada,” lanjut Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Bupati pun menyebut jika dirinya berencana menemui Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi terkait izin proses melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di area yang masuk zona hijau di Kabupaten Sergai, termasuk salah satunya Desa Damak Urat.

Masalah narkoba juga jadi perhatian Bupati. Ia menuturkan, masyarakat harus berani dan aktif dalam aksi memberantas narkoba di daerahnya masing-masing. “Kalau takut melapor, silakan hubungi saya langsung. Nanti saya teruskan langsung ke pihak berwajib. Sergai harus jadi kabupaten yang bersih dari peredaran narkotika dan itu memerlukan sinergi dari masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Wabup Adlin Tambunan menekankan pentingnya kesadaran masyarakat Desa Damak Urat untuk menjaga dan merawat jalan yang telah dibangun. Ia mengatakan, saat ini banyak pekerjaan rumah di masa kepemimpinannya dan Bupati Darma Wijaya. Namun keduanya berkomitmen penuh menyelesaikan semuanya satu per satu.

Perihal penanganan pandemi, Wabup juga meminta masyarakat ikut aktif mendukung vaksinasi dan di saat yang sama juga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ahmad Sinaga, salah satu tokoh masyarakat di Desa Damak Urat, buka suara terkait pembangunan jalan raya yang dilakukan di daerahnya.

 

Ia mengatakan, acara syukuran yang dilaksanakan hari ini merupakan bentuk ucapan terima kasih warga kepada komitmen baik Bupati dan Wabup dalam meningkatkan kualitas infrastruktur. “Perhatian dan tindakan nyata yang diberikan pemimpin kita ini merupakan sesuatu yang sejak lama kami harapkan. Semoga pembangunan yang dilaksanakan dapat memenuhi harapan mulia Bapak Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Sergai yang Maju Terus,” sebutnya. ***

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts