Politik

Kepling Pungli Dicopot, Haris Kelana Damanik Dukung Tindakan Tegas Walikota Medan

#jack, medan

Wakil Fraksi Gerindra DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST sangat mendukung tindakan Walikota Medan Bobby Afif Nasution mencopot Kepala Lingkungan (Kepling) karena melakukan pungutan liar (Pungli). Tindakan tegas bagi aparat yang menyalah  sangat tepat guna memberikan efek jera dan contoh bagi yang lain.

Hal tersebut disampaikan Haris Kelana Damanik ST (foto) kepada wartawan, Kamis (13/1/2022) menyikapi tindakan tegas yang dilakukan Walikota Medan Bobby Nasution yang mencopot Sulistyo selaku Kepala Lingkungan (Kepling) VIII Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Kecamatan Medan Timur beberapa waktu lalu.

Dimana, Kepling dimaksud terbukti melakukan pungli warga saat mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Kepling Sulistyo tega meminta uang kepada warga bernama Ian saat mengurus KK dan KTP keluarganya. Dengan dalih tidak ada data di Disdukcapil, Kepling meminta Rp1,7 juta agar urusan selesai. Ian mengaku dua kali membayar agar KK dan KTP-nya beres. Pertama Rp1 juta kemudian Rp700 ribu.

Menurut Haris Kelana Damanik, tindakan tegas yang diberikan Bobby Nasution kiranya  berkelanjutan bagi Kepling dan Aparat Sipil Negara (ASN) yang lain. “Bila hal itu tetap dilakukan maka tercipta pemerintahan yang bersih di lingkungan Pemko Medan,” ujar Haris.

Ditambahkan Haris lagi, tindakan tegas perlu juga diberikan kepada pihak ke tiga atau rekanan yang terbukti kinerja buruk atau menyalahi ketentuan. “Pelaku pemimpin proyek juga perlu diberikan sanksi tegas bila terbukti melakukan kinerja buruk,” tandas Haris. ***

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email