Pariwisata

Gubernur Edy Rahmayadi Ziarah ke Pusara Pahlawan Tengku Amir Hamzah

#jack, langkat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan ziarah ke pusara Tengku Amir Hamzah yang merupakan sastrawan dan pahlawan nasional dari tanah Langkat di Komplek Pemakaman Masjid Azizi Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Minggu (20/3).

 

Sebelum melakukan ziarah, Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis melaksankan Salat Zuhur bersama Sultan Langkat Tuanku Sultan Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah al-Haj, Tuan Guru Besilam Zikmal Fuad, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, serta Putra Mahkota Kesultanan  Langkat Tengku Ariefanda Aziz.

Usai melaksanakan salat dan makan siang, Gubernur Edy Rahmayadi bersama rombongan menuju pusara Tengku Amir Hamzah. Gubernur nampak berdiri dan memanjatkan doa dengan khitmah yang dilanjutkan dengan menabur bunga ke makam.

Usai melaksankan ziarah Gubernur yang menggunakan pakaian adat Melayu (Teluk Balanga) bersama rombongan meninjau lokasi monumen pemindahan makam Tengku Amir Hamzah, usai berkeliling Gubernur berdialog dengan Sultan Langkat Tuanku Sultan Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah al-Haj tentang berbagai rencana ke depan.

Edy Rahmyadi mengatakan, pembangunan makam baru ini nantinya bisa dijadikan sebagai tempat wisata religius, karena Tengku Amir hamzah merupakan sastrawan dan Pahlawan Nasional dari tanah Langkat yang lahir di Kota Binjai, 28 Februari 1911. Ayahnya adalah seorang  Pangeran Langkat Hulu bernama Tengku Muhammad Adil, Ibunya bernama Tengku Mahjiwa. “Kita harapkan ini mejadi salah satu tempat wisata religius di Kabupaten Langkat, di sebalah masjid, jadi orang yang salat juga bisa ke sini dan sebaliknya,” harap Edy, sembari mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati jasa pahlawannya, dengan mengikuti jejak teladannya, pengorbanan dan perjuangannya.

Sementara Sultan Langkat Tuanku Sultan Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah al-Haj mengucapkan apresiasi kepada Pemprov Sumut yang membantu pembangunan lokasi pemindahan makam tersebut, sehingga diharapkan akan membantu meningkatnya nilai sosial dan ekonomi serta modal besar bangkit kembali kejayaan Kabupaten Langkat.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Edy Rahmayadi juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Tinggi Agama Islam  Jamiyah Mahmudiyah (STAI) di Jalan Syekh M Yusuf Nomor 24 Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Hadir Kepala Dinas Pariwisata Sumut Zumri Sulthony dan Kepala Biro Umum Setdaprov Sumut M Mahfullah Pratama Daulay.***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts