Medan

Ganjar Dukung Bobby Benahi Kota Lama Kesawan

#isvan, medan

Keinginan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk membenahi dan mengembangkan kawasan heritage di Kota Medan mendapat dukungan dan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, upaya yang dilakukan orang nomor satu di Pemko Medan itu dinilai sebagai sebuah terobosan yang luar biasa karena telah memberikan perhatian besar terhadap ikon sejarah (heritage) yang ada di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Dukungan ini disampaikan Ganjar Pranowo saat mengunjungi beberapa bangunan heritage yang ada di kawasan Kota Lama Kesawan bersama Bobby Nasution, Jumat (8/4/2022). Kawasan heritage pertama yang dikunjungi adalah Maktab Al Islamiyah Tapanuli (Museum Al Washliyah) yang berada di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat.

Di tempat tersebut, Bobby Nasution bersama Ganjar Pranowo melihat sudut demi sudut sembari mendengarkan sejarah singkat awal mula didirikannya Museum Al Washliyah  tersebut. Selanjutnya dengan berjalan kaki,  kemudian mendatangi Rumah Tjong A Fie di Jalan Jend Ahmad Yani seraya menyapa warga.

Selanjutnya, Ganjar menyatakan dukungannya terhadap Bobby Nasution yang ingin membenahi dan mengembangkan Kawasan heritage di Kota Medan, salah satunya Kota Lama Kesawan. “Ya Medan bagus. Tadi saya sudah ngobrol dengan Pak Bobby, ternyata beliau sedang menggerakkan ini untuk kemudian diperbaiki dan ditata. Tentunya ini tidak mudah, beliau juga pernah ke Semarang, belajar dan bertukar pikiran. Kita lebih dahulu saja membangun Kota Lama yang ada di Semarang dan mirip. Bahkan, rasanya di Medan lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Setelah puas berkeliling dan mendengarkan sejarah singkat Tjong A Fie, Bobby dan Ganjar menaiki becak bermotor (betor) yang merupakan transportasi tradisional asli Kota Medan menuju Masjid Bengkok di Jalan Masjid yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Tjong A Fie untuk melaksanakan Shalat Jumat. Masjid Bengkok ini merupakan salah satu heritage yang ada di Kota Medan. Masjid Bengkok merupakan masjid tertua kedua di Medan setelah Masjid Raya Al-Osmani. ***

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts