Sosial & Pendidikan

Walikota Muzakarah Ramadhan di MUI Kota Binjai

#jack, binjai

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP hadiri muzakarah ramadhan dengan tema “Puasa Ramadhan Antara Dimensi Fikih dan Tasawuf” di halaman kantor MUI Kota Binjai, Minggu (10/4/2022).

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua MUI Kota Binjai Dr. H. M. Jamil, MA., Guru besar UINSU Prof. Dr. Muzakir, MA., dan Wakil Ketua MUI Sumut Dr. H. Ardiansyah, Lc. MA., selaku narasumber, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., beserta seluruh unsur Forkopimda Kota Binjai.

Prof. Dr. Muzakir, MA., dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan selama bulan puasa, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Ia juga menyebutkan tentang Islam dari perspektif akidah, syariah, dan tasawuf. Tak lupa, ia pun mengingatkan seluruh hadirin pada kesempatan tersebut untuk tidak lupa bersedekah kepada sesama. Sebab menurutnya, seseorang yang menjalankan solat pastilah orang yang dermawan pula. Kemauan dan kemampuan seseorang dalam berbagi ini pulalah yang akan mendorong iman seseorang menjadi kaffah.

Dr. Ardiansyah dalam kesempatan yang sama juga menyinggung tentang pelaksanaan puasa dan kaitannya dengan kesehatan. Ia menyebutkan, terdapat beberapa kondisi yang membuat seseorang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, salah satunya adalah sakit yang berkepanjangan. Sebab menurutnya, pada hakekatnya, puasa bukanlah sesuatu yang memberatkan umat Islam. Ia pun menyebutkan perihal vaksinasi yang boleh dilakukan selama puasa, yaitu jika bersifat darurat maka boleh dilakukan dalam puasa Ramadhan. ***

 

 

Print Friendly, PDF & Email