Politik

Gubernur Ajak Implementasikan Nilai-nilai Pancasila Membangun Sumut

#jack, medan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh pejabat, pemimpin dan tokoh-tokoh Sumut mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila untuk membangun daerah ini. Begitu juga dengan masyarakat agar nilai-nilai Pancasila tidak menjadi sebatas kata-kata.

Hal ini diungkapkan Gubernur Edy Rahmayadi usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila nasional secara virtual dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (1/6/2022).

Edy Rahmayadi yakin, bila dilakukan bersama akan mewujudkan Sumut yang bermartabat. ”Apa yang bisa kita lakukan untuk membangun Sumut, bergeraklah, implementasikan nilai-nilai Pancasila untuk membangun daerah kita ini,” kata Edy Rahmayadi, usai upacara di depan Forkopimda, DPRD dan OPD Pemprov Sumut.

Edy Rahmayadi berharap masing-masing pemimpin atau pejabat membuat pergerakan perubahan untuk membangun Sumut. Dia mengambil contoh Watergong, yang diusung Bagong Margono di Desa Karanglo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pria ini dengan uang pribadinya mengubah sungai Gejikan yang dulunya kotor menjadi bersih, indah dan tempat hidup berbagai ikan. “Coba lihat bapak ini, dia berjuang mengubah sungai yang dulunya kotor tidak terurus menjadi indah seperti ini. Kita bisa melakukan itu di sini, apalagi dengan sumber daya manusia dan sumberdaya alam yang luar biasa,” ungkap Edy Rahmayadi, sembari memperlihatkan tampilan video di layar.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo selaku Inspektur upacara mengatakan agar Pancasila benar-benar diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan negara. Salah satunya yang utama saat ini menurutnya adalah mengimplementasikannya di kelola pemerintahan. ”Saat ini dunia sedang bergejolak, pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir, diikuti krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan dan kelaparan, juga perang di Ukraina. Kita harus menyiapkan sistem, tata kelola yang sehat untuk menghadapi krisis, membangkitkan dan mengimplementasikan Pancasila,” kata Joko Widodo secara virtual dari Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Dia juga mengajak seluruh pemimpin-pemimpin di Indonesia, pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjadi teladan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. ”Ayo jadi teladan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan masyarakat aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila,” tegas Presiden yang akrab disapa Jokowi ini.

Hadir secara langsung di Aula Tengku Rizal Nurdin Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol R.Z Panca Putra dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kepala Kejati Sumut Idianto, unsur Forkopimda dan juga OPD Pemprov Sumut.***

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts