Medan

Baru di Masa Bobby, Penanganan Stunting di Medan Lebih Terarah

#jack, medan

Wali Kota Medan Bobby Nasution menaruh perhatian besar mengatasi gangguan tumbuh kembang anak atau Stunting yang disebabkan masalah gizi kronis karena kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang. Agar penanganan berhasil dan maksimal, harus dilakukan terintegrasi dengan berbasis data yang detail. Dengan demikian masalah stunting dapat ditekan dan diminimalisir di ibukota provinsi Sumatera Utara ini.

Guna mewujudkannya, Bobby meminta dan menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk saling berkolaborasi dalam menangani stunting tersebut. Jika selama ini sejumlah OPD merasa tidak memiliki kaitan langsung, paradigma tersebut harus dihilangkan. Sebab, terjadinya stunting juga dipengaruhi berbagai faktor bukan hanya secara medis. “Saya tidak ingin lagi mendengar anggapan bahwa OPD ini atau itu, tidak berkaitan langsung dan sebagainya, sebab semuanya berkaitan langsung. Terjadinya stunting juga dipengaruhi karena berbagai factor, maka semua harus saling berkolaborasi,” kata Bobby Nasution saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kota Medan, baru-baru ini.

Baru di masa kepemimpinan Bobby Nasution, penanganan stunting pun jauh lebih terarah karena adanya perhatian khusus di 1.000 hari pertama kehidupan anak. Selain masalah kesehatan, fokusnya Bobby Nasution dalam penanganan stunting juga bertujuan untuk masa depan Kota Medan yang lebih baik.

Bahkan, selain OPD, pihak kecamatan, kelurahan serta kepling juga diharuskan ikut dalam penanganannya agar berjalan lebih optimal. “Saya ingin ke depannya di seluruh kecamatan dan kelurahan, anak-anak yang alami stunting harus didata lengkap, begitu juga dengan pekerjaan orang tua dan kondisi tempat tinggalnya yang layak huni atau tidak. Data seperti ini harus diketahui dan capaian targetnya bisa lebih jelas juga terarah. Saat saya tanyakan data, semua harus ada,” pungkasnya.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM USU) Dr Drs Zulfendri MKes menilai, upaya penanganan stunting yang dilakukan Bobby Nasution sudah sangat tepat dan terarah. “Sudah bersifat stakeholder. Artinya, Pak Wali melibatkan semua OPD terkait untuk mensukseskannya,” kata Zulfendri. ***

 

 

Print Friendly, PDF & Email