Politik

DPRD Medan Dukung Penataan Lapangan Merdeka Sebagai Cagar Budaya

#jack, medan

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Dr.Rudiawan Sitorus, M.Pem.I mendukung status Lapangan Merdeka menjadi Cagar Budaya Kota Medan. Hal tersebut sebagai langkah positif dan strategis dalam menata Kota Medan menjadi Kota yang mempertahankan identitas sesungguhnya sebagai Kota besar di Indonesia yang peduli dengan cagar budaya.

Hal terebut disampaikan Dr.Rudiawan Sitorus menyikapi rencana revitalisi Lapangan Merdeka Medan yang akan dilakukan Pemerintah Kota Medan dalam waktu dekat ini. “Kita sangat mendukung langkah Wali Kota Medan melakukan penataan Kota Medan salah satunya menata Lapangan Merdeka menjadi Cagar Budaya Kota Medan sehingga identitas Kota Medan yang sesungguhya benar-benar dipertahankan,” ucap Rudiawan kepada Wartawan di Medan, Rabu (08/06/2022).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan ini menyarankan Pemerintah Kota Medan untuk memperhatikan seluruh pendukung dalam penataan Lapangan Merdeka sehingga perubahannya memberikan efek yang besar dikemudian hari. “Saran kita kepada Pemko Medan tentunya agar keasrian Lapangan Merdeka dengan ciri khasnya saat ini seperti keberadaan pohon pohon besar utuk tetap dilestarikan,” ucapnya.

Penataan Lapangan Merdeka Kota Medan, kata Rudiawan juga perlu memperhatikan kawasan disekitarnya seperti keberadaan Stasiun KA Kota Medan, Pusat pasar tradisional “Pajak Ikan Lama”, bangunan bangunan bersejarah di kawasan Jalan Ahmadyani. “Kita ingin kawasan ini menjadi kawasan yang istimewa, sehingga menjadi ikon penting di jantung Kota Medan,” harapnya.

Politisi Muda asal Dapil I Kota Medan ini mengatakan, konsep penataan lalulintas selanjutnya perlu juga mendapat kajian dan perhitungan yang matang. Jangan sampai, kawasan jantung Kota Medan kedepan malah menjadi kawasan kemacetan. “Kita menyarankan Pemko Medan untuk memaksimalkan pengoperasian transportasi massal menuju kawasan ini, sehingga kawasan ini benar-benar terhindar dari kepadatan kendaraan,” terangnya.

Intinya kata Doktor jebolan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ini, dalam menyempurnakan revitalisasi Lapangan Merdeka perlu melibatkan dan memperhatikan serta meminta saran saran para ahli penataan kota, sejarawan, tokoh masyarakat dan para penggiat lingkungan. “Pada prinsipnya kita sangat mendukung langkah Wali Kota Medan dalam upayanya memperbaiki kawasan jantung Kota Medan ini. Harapan kita semua pihak bisa terlibat, termasuk Sejarawan, tokoh masyarakat, ahli penataan kota dan lainnya,” pungkasnya. ***

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email