Medan

Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, SAN dan MES Gelar Dialog Bermartabat Tanpa Narkoba

#sakina, Medan.

Tepatnya tanggal 26 Juni, dunia selalu memperingati sebagai hari anti narkotika internasional (HANI). Dikutip dari detikHealth, dari United Nations, Rabu (22/6/2022), diketahui tema Hari Anti Narkotika Internasional 2022 adalah “Addressing drug challenges in health and humanitarian crises”, artinya mengatasi tantangan narkotika dalam krisis kesehatan dan kemanusiaan. Tujuan dari tema tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan masalah utama yang ditimbulkan oleh obat-obat terlarang bagi masyarakat.

Di Medan, Sumatera Utara, HANI 2022 juga diperingati dengan berbagai bentuk kegiatan yang baik untuk membangkitkan dan mengingatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya bagi masyarakat dan generasi muda.

Menurut ketua Satgas Anti Narkoba Sumatera Utara (SAN Sumut), Muhri Fauzi Hafiz, tahun ini SAN Sumut akan menyelenggarakan kegiatan diskusi terbatas dengan generasi muda di kota Medan dan Deli Serdang.

“Direncanakan SAN Sumut akan berkolaborasi dengan pengurus daerah Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES Deli Serdang, dengan mengadakan kegiatan diskusi terbatas memperingati HANI 2022. Kegiatan ini akan menghadirkan narasumber dari SAN Sumut dan Tokoh Pemuda Sumatera Utara yang memahami situasi darurat bahayanya penyalahgunaan Narkotika dan kejahatan yang timbul akibat peredaran gelap Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, yang sedang menjadi ancaman bagi daerah dan bangsa,” ujar Muhri Fauzi Hafiz kepada wartawan di Medan, 24/6/2022.

Pria muda berkacamata yang sering disapa Bang Fauzi ini, mengatakan, bahwa semua elemen masyarakat harus menyatu mengatasi permasalahan bangsa terkait penyalahgunaan Narkotika ini. Pemerintah tidak akan berhasil menyelamatkan generasi muda jika masyarakat tidak aktif membantu, katanya dalam kesempatan yang disampaikan kepada wartawan.

Di tempat yang sama, ketua panitia kegiatan diskusi, Ahmad Fauzi Pohan, menambahkan bahwa kegiatan ini direncanakan sebagai kegiatan awal di hari yang sama sesuai peringatan HANI 2022. Selanjutnya SAN Sumut dan MES daerah Deli Serdang akan melakukan kegiatan pembagian buku yang berisi tentang ajakan kepada masyarakat untuk menjadi aktif dan mengerti atas bahayanya penyalahgunaan Narkotika dan kejahatan yang timbul.

“Kegiatan peringatan HANI 2022 kami, adalah diawali dengan dialog terbatas lalu akan kita sambung dengan kegiatan pembagian buku yang berisi pesan yang baik tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika juga kejahatan yang timbul. Sehingga diharapkan kegiatan yang diselenggarakan oleh SAN Sumut dan MES daerah Deli Serdang ini bisa menambah kesadaran masyarakat khususnya generasi muda, untuk berjaga dan waspada melindungi keluarga dan lingkungannya dari bahaya ancaman penyalahgunaan Narkotika dan peredaran gelap, yang hari ini dikabarkan terus meningkat di Sumatera Utara. Kita juga mengajak organisasi masyarakat, pemerintah dan BUMN/BUMD untuk terlibat bersama-sama mendukung kegiatan yang berlanjut selama sepekan ini,” kata Ahmad Fauzi Pohan.

Kepada wartawan diakhir keterangannya selaku ketua panitia pelaksana, Ahmad Fauzi Pohan, menegaskan bahwa kegiatan dialog terbatas memperingati HANI 2022, SAN Sumut dan MES daerah Deli Serdang sebenarnya bertujuan untuk mengajak semua masyarakat berpartisipasi aktif dalam pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dimanapun berada, “kita adalah bagian yang sama dalam upaya mengingatkan, selanjutnya kami persilahkan masing-masing masyarakat menilai dan mendukung,” mengakhiri. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Posts