Advetorial

Afandin Hadiri Pelantikan 361 Bintara SPN Hinai Polda Sumut, Ini Pesan Kapolda

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, H Syah Afandin SH hadiri pelaksanaan upacara penutupan pendidikan pembentukan 361 Bintara Polri Angkatan 46 Gel I (satu) Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai Polda Sumut Tahun Ajaran (TA) 2022 , Jum’at (8/7/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, bertempat di Lapangan Satya Haprabu SPN Hinai Polda Sumut, Jl Dharana Lastaya No.95, Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Upacara yang diselenggarakan adalah pelantikan, merupakan pertanda berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri Gelombang I (satu) TA 2022. Turut diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair Lemdiklat Polri, serta di 29 SPN Polda se Indonesia.

Menghasilkan 12.240 personel Polri, terdiri dari 11.936 Polisi laki-laki, dan 304 Polisi Wanita (Polwan). Jumlah ini terbagi ke dalam 9.997 Bintara Polisi Tugas Umum, 497 Bintara Brimob, 1.606 Tamtama Brimob, dan 140 Tamtama Polair.

Turut hadir mengikuti upacara para pejabat utama Polda Sumut, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, Danyon 8 Marinir diwakili Pasiops Mayor Marinir Wachid Purwadi, beserta para pejabat jajaran Pemkab Langkat dan Forkopimda Langkat.

Bertindak sebagai Irup, Kapolda Sumut membacakan amanat Kalemdiklat (Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan) Polri,  Komjen Rycko Amelza Dhaniel.

Kapolda Sumut mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 (lima) bulan dengan baik.

“Hari ini saudara secara resmi dilantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” sebutnya.

Kini telah melekat kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta menegakkan hukum yang adil, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Setelahnya akan ditempatkan diseluruh penjuru Indonesia dan akan menjadi garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Bulatkan tekad dan semangat serta motivasi diri tanpa henti untuk senantiasa memberikan dharma bakti terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya.

Sembari memberikan selamat kepada para orang tua atas keberhasilan putra dan putrinya menjadi Bintara Remaja Polri.

Selanjutnya, Kapolda Sumut menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para Bintara Remaja Polri, sekalian sebagai bekal memasuki tugas di lapangan, yaitu:

(1) Tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas.

(2) Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, dalam setiap langkah pengabdian sebagai Insan Bhayangkara. Jaga nama baik Polri dan junjung tinggi Panji-panji Tribrata.

(3) Pahami dengan baik dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan, tanggung jawab, semangat ingin berbuat yang terbaik dan riang gembira.

(4) Jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat.

(5) Bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, Pemerintah Daerah serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

Kapolda Sumut juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada Plt Bupati Langkat sudah menyempatkan diri untuk hadir langsung mengikuti upacara penutupan pendidikan Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut.

“Terimakasih kepada Bapak Plt Bupati Langkat Syah Afandin sudah hadir langsung di upacara ini”, ungkap Kapolda Sumut.

Sementara Plt Bupati Langkat disela kegiatan juga turut mengucapkan selamat dilantik untuk para Bintara Polri.

Jadilah kebanggaan keluarga, masyarakat dan bangsa dalam bersikap saat menjalankan tugas.

“Harus mampu menempatkan diri dan beradaptasi dalam situasi apapun, jangan mudah terbawa arus yang dapat menjerumuskan. Jadi harus terus menjaga amanah masyarakat dan nama baik Polri,” pesannya.

Menurut Afandin, pelantikan ini awal menjalankan tugas. Jadi harus terus meningkatkan kemampuan. Sebab Polri memerlukan personel berkualitas dan unggul, guna mewujudkan Bhayangkara negara yang Presisi, yakni prediktif, memiliki reponsibilitas dan mampu mewujudkan transparansi berkeadilan.

“Hal itu adalah kebijakan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si” ujarnya. (diskominfo-langkat).

Print Friendly, PDF & Email