Rabu, 23 May 2018

Akibat Bahan Baku Ikan Asin Melambung dan Langka

Produksi Ikan Asin Belawan Menurun


#jack, medan

Sudah hampir 2 bulan ini bahan baku untuk pembuatan ikan asin langka diperoleh di Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan jika ada harganya mahal.

Hal tersebut dikatakan oleh para pengerajin pembuat ikan asin seperti ibu Sitirahma yang sudah puluhan tahun membuat ikan asin untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.Jika ada ikan untuk bahan baku membuat ikan asin harganya mahal seperti ikan Gulama harganya mencapai Rp 9000 ribu hingga 10000 perkilonya sedangkan 2 bulan yang harganya hanya Rp 5000 rupiah perkilonya.\

Langkanya bahan baku untuk pembuatan ikan asin tersebut dikarenakan kapal Pukat Harimau atau pukat Trawl tidak ada yang melaut disamping itu Laut sedang tidak bersahabat karena gelombang tinggi dan angin kencang.

Bila harga bahan baku pembuat ikan asin mahal maka dikawatirkan  para pengerajin ikan asin akan menutup usahanya dan terpaksa beralih ke propesi lain. Sementara itu Umri mengaku sulit memperoleh bahan baku ikan asin karena jika ada harganya cukup mahal dan susah diperoleh karena ikannya langka.

Pengamatan dilokasi pembuatan ikan dikawasan pinggiran benteng Sei Deli di Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan banyak warga pengerajin pembuatan ikan asin yang telah menutup usahanya akibat harga bahan baku pembuatan ikan asin mahal. Bila ada sulit memperolehnya karena para pengerajin pembuat ikan asin tersebut saling berebut membeli bahan baku tersebut.

Foto terlihat para pengerajin ikan asin.