Sabtu, 21 July 2018

Akibat Ternak Sering Hilang dan Lahan Gembala Sempit

Peternak Karo Enggan Kembangkan Beternak


#jack, medan

Anggota Komisi B DPRD Sumut yang juga anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Toni Togatorop SE MM menegaskan, akibat seringnya ternak kerbau, sapi dan kambing hilang dari kandang “digasak” pencuri serta semakin sempitnya areal pengembalaan di Kabupaten Karo, membuat peternak  enggan mengembangkan ternaknya, sehingga produksi ternak di daerah itu terancam punah.

“Dulu budidaya ternak di Karo sangat diminati masyarakat, setiap masyarakat desa pasti memiliki ternak kerbau atau paling tidak ada 10 sampai 20 orang pengembala. Setiap pengembala minimal mengembalakan kerbau paling sedikit 8 sampai 10 ekor dan maksimal 15 ekor,” ujar Toni Togatorop kepada wartawan, Rabu (4/4/2018) di Medan ketika dihubungi melalui telepon.

Tapi saat ini, tandas Ketua FP Hanura ini, hampir setiap desa sudah enggan memiliki ternak, sebab sudah trauma dengan maraknya aksi pencurian ternak serta tidak adanya lagi lahan kosong untuk beternak, karena telah dipenuhi areal pertanian.   

Padahal beternak merupakan  salah satu usaha untuk meningkatan perekonomian masyarakat desa. Tapi, karena  seringnya ternak hilang “digasak” maling serta sempitnya lahan beternak juga menjadi penyebab menurunnya minat beternak warga.

“Seperti kejadian pada 21 April tahun lalu, ada 4 ekor kerbau milik Pinta Pinem yang digembalakan Rubianto Depari, Anggota Ginting, Malem Ukur Pinem, Roman Ginting warga Desa Sukababo hilang. Tapi naas bagi 2 orang pencuri ternak, tewas dimassakan warga dan 2 orang lagi diamankan pihak kepolisian,” ujar Toni.

Rentetan kejadian seperti ini  membuat warga trauma dan takut beternak, karena pencuri ternak ini  bukan saja mengganas di desa Sukababo, tapi hampir merata keseluruh pelosok desa di Karo. Akhirnya para peternak memilih berprofesi sebagai petani.

Untuk mengembalikan kejayaan Karo sebagai produksi ternak, tandas Toni, sudah saatnya Pemkab Karo memfungsikan kembali secara maksimal areal peternakan Nodi di Kecamatan Lau Baleng serta memperketat pengamanan bagi para peternak di desa-desa di kabupaten bumi tirang tersebut. ***

Pengembala: Salah seorang peternak kerbau di Karo saat mengembalakan kerbaunya di perladangan Juma Dapdap Parik Lompaten Desa Sukababo Kecamatan Munte Kabupaten Karo. ***