Kamis, 22 November 2018

Antam Butuh Mitra Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik


#amelia, medan
Direktur Utama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, Arie Prabowo Ariotedjo menyatakan, perusahaannya kini sedang menguji kelayakan tiga perusahaan asing untuk menjadi mitra dalam pengembangan produksi baterai kendaraan listrik.

“Kita sekarang melakukan pengkajian, sedang mem-benchmark beberapa pabrik dan beberapa calon investor,” ujarnya usai memberikan pemaparan kinerja perseroan (Public Expose) dalam rangkaian Investor Summit 2019 Bursa Efek Indonesia di Hotel Four Points Medan, Selasa (14/8/2018) malam.

Bulan lalu, pihaknya ke Turki dan bertemu calon investor. Begitu juga ke pabrik Sumitomo di Filipina. Dari sekian banyak yang sudah dijajaki, mengerucut ketiga nama itu.
Penjajakan itu, kata Arie, dilakukan untuk menilai kelayakan kemitraan, termasuk kelayakan teknologi, infrastruktur, pasar dan juga kemampuan keuangan calon mitra strategis tersebut.

“Saat ini, kita belum tahu berapa besar investasinya. Kita belajar dari pengalaman, harus mencari strategic partner. Partner ini, mempunyai kemampuan teknologi, artinya sudah pengalaman dalam memproduksi produknya. Kedua mereka punya market, karena repot kita bisa produksi tapi enggak punya pasar dan ketiga mereka punya kemampuan financial,” paparnya.

Arie mengklaim, saat ini ketiga calon mitra strategis itu tengah melakukan uji tuntas (due diligent) atas penawaran tidak terikat. “Sebulan ke depan dalam proses untuk mereka melakukan due diligent. Kemudian mereka akan memberikan firm over (penawaran akhir) ke kita,” pungkasnya. ***

Teks Foto: Dirut PT Aneka Tambang, Arie Prabowo. Foto Ist