Senin, 18 June 2018

Eldin Warning Kinerja Zulkifli Sitepu


#wasgo, medan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mengingatkan Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan, Zulkifli Sitepu agar tidak main-main dalam melakukan inspeksi mendadak (sidak). Dirinya me-warning Dinas Perindustrian agar benar-benar dalam melakukan pemeriksaan.

Dikatakannya, jika menemukan ada tempat pengolahan makanan maupun minuman yang tidak melengkapi hasil produksinya dengan label halal dan izin usahanya tidak ada ataupun sudah mati, Eldin minta Dinas Perindustrian segera mengungkapkannya.

“Selama ini saya memantau Kepala Dinas Peindustrian (Zulkifli Sitepu) telah melakukan beberapa kali pemeriksaan terhadap sejumlah tempat pengelolaan makanan maupun minuman di Kota Medan. Hanya saja, apa hasil dari pemeriksaan yang dilakukan tidak pernah diungkapkan kepada publik. Sejauh ini saya juga belum ada mendengar Dinas Perindustrian melakukan penindakan tegas terhadap tempat pengelolaan makanan dan minuman bermasalah,” ungkap Eldin, Rabu (10/1/2018).

Atas dasar itulah, Eldin menegaskan kepada Dinas Perindustrian agar tidak main-main dalam melakukan pemeriksaan terhadap tempat pengelolaan makanan dan minuman di Kota Medan. Sebab, kelayakanan makanan dan minuman serta kelengkapan label halal dari hasil produk yang dipasarkan sangat penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selaku konsumen.

Dirinya ingin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memeriksa seluruh tempat pengolahan makanan dan minuman di Kota Medan. Selain mengecek izin usaha masih berlaku, pemeriksaan yang dilakukan itu juga bertujuan untuk memastikan produk makanan, maupun minuman yang dihasilkan telah dilengkapi label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, termasuk memastikan makanan dan minuman yang dijual di pasaran itu benar-benar layak konsumsi. “Dengan demikian, tidak ada keraguan sedikit pun dari masyarakat untuk membeli sekaligus mengkonsumsinya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Zulkifli Sitepu saat dikonfirmasi terkait peringatan Dzulmi Eldin mengatakan, pihaknya bekerja dengan baik. “Kita kerja baik-baik kok dinda,”katanya.

Disampaikannya, pengawasan yang dilakukan Dinas Perindustrian akan tetap dilakukan secara rutin dan berkesinambungan terutama ke pabrik-pabrik olahan pangan, bagian dari tupoksi Disperindag. “Ini rutin kami lakukan, sesuai tupoksi kami,”pungkasnya.***