Jumat, 15 December 2017

Gubsu Buka HPS ke-37 di Labuhanbatu


#ferry, medan
Gubsu HT Erry Nuradi bakal membuka kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 tingkat Sumatera Utara (Sumut) di Lapangan sepakbola Desa Sidorukun Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (12/10/2017).

“Kegiatan HPS yang dirangkai dengan peringatan Hari Krida Pertanian ke-45 dan Bulan Bakti Peternakan tahun 2017 itu akan dihadiri ribuan peserta dari berbagai unsur di masyarakat,” ungkap Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu, Ir Dahler Lubis MM, di ruang kerjanya kawasan Jalan Binjai Medan, Selasa (10/10/2017).

Ia mengemukakan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu untuk membangun kesadaran masyarakat arti penting pangan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan di tingkat keluarga regional dan nasional. Selain itu, lanjutnya, menumbuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat guna memperkuat pembangunan ketahanan pangan.

“Ini sesuai dengan tema peringatan Hari Pangan Se-Dunia tahun 2017 yakni, 'Menggerakkan Generasi Muda dalam Membangun Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia’,” paparnya.

Dahler menambahkan, sejumlah kegiatan akan mewarnai pelaksanaan HPS di Labuhanbatu, diantaranya pameran dan bazar, pemberian makanan tambahan kepada sejumlah anak SD, demonstrasi inseminasi buatan massal untuk ternak sapi dan kerbau indukan wajib bunting (SIWAB) dalam rangka upaya khusus (Upsus). Tak hanya itu, dilakukan pula vaksinasi rabies massal, kontes ternak, serta pemberian bantuan bahan makanan pokok dan alat mesin pertanian.

“Ada juga acara penyerahan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Sumatera Utara tahun 2017 kepada kelompok masyarakat dan aparat pemerintah,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Dahler menyatakan, peringatan HPS ke-37 tingkat nasional akan berlangsung di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat pada 18 Oktober 2017 dan direncanakan dibuka langsung Presiden Joko Widodo.***

Teks Foto: Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu, Ir Dahler Lubis MM. foto fey