Senin, 23 July 2018

Kemasan Baik Meningkatkan Nilai Jual Produk


#sabar –binjai.

Pemerintah Kota Binjai  melalui Dinas Koperasi dan UKM mengadakan pelatihan pengemasan  bagi pelaku Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)  dan Usaha  Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Senin (9/7)  di  Rumah Makan Pondok Punokawan, jalan Gatot Subroto. 

Kepala  Dinas Koperasi dan  UKM  Kota Binjai, Eka Edi Saputra,  banyak pelaku UMKM di Binjai  belum  menganggap  penting  soal pengemasan  yang baik. Banyak produk  pangan masih  dikemas secara sederhana  dengan  bungkus  plastik  lalu  ditutup dengan  cara dibakar lilin.   Padahal, menurut Eka   pengemasan yang baik  sangat penting  untuk meningkatkan nilai jual produk.

“Pengemasan yang baik sangat penting karena  mempengaruhi kualitas produk  agar tahan lebih lama, tahan benturan, perubahan cuaca, dan lain lain, " kata Eka.      

Dengan meningkatnya  kepedulian  terhadap pengemasan yang baik, Eka berharap  produsen pengemasan di Binjai  juga  ikut berkembang. Karena  itu, seluruh peserta  agar  dapat  mengikuti pelatihan  dengan baik.

Pada pelatihan  ini, peserta  mendapatkan  materi tentang  pengolahan   pangan yang baik,   dan  praktek tentang cara mengemas makanan.

Rosmawati Hutagalung, narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Binjai, mengingatkan para pelaku UMKM  untuk  memperhatikan  pengolahan makanan  sesuai standar kesehatan. Mulai dari kebersihan sarana produksi,  bahan yang digunakan tidak mengandung bahan berbahaya, serta memperhatikan higien  dalam proses pengolahan makanan.

“Penggunaan bahan -bahan berbahaya pada makanan seperti boraks, formalin dan pewarna tekstil bisa memicu penyakit kanker, “ kata Rosmawati.

Dia juga mengingatkan  pelaku  usaha pembuatan   produk  pangan olahan  untuk mengurus ijin  di Dinas kesehatan  secara  gratis. ***   

Ket foto : Kepala Dinas koperasi dan UKM Kota Binjai berfoto bersama para narasumber dan peserta pelatihan.***