Jumat, 14 December 2018

Produk Perkebunan Sumut Harus Bersaing di Pasar Global


#jack, medan

Menghadapi persaingan ekonomi global, perkebunan Sumatera Utara (Sumut) harus mampu mengembangkan produk-produk unggulan, seperti karet dan produk turunan crude palm oil (CPO). Sehingga mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya di pasar internasional.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Nurhajizah Marpaung SH MH ketika membuka seminar nasional “Pengembangan Agribisnis Perkebunan Dalam Menghadapi Persaingan Global” yang dilaksanakan Universitas Medan Area (UMA), Rabu (4/4/2018) di Hotel Polonia Medan.

“Karet dan produk turunan CPO, seperti  deterjen, shampoo, sabun, kosmetik dan lainnya, dari Sumut diharapkan dapat bersaing di pasar global. Dan melalui seminar ini diharapkan ada masukan-masukan, yang dapat mengemas produk-produk perkebunan, agar dapat bersaing di pasar global,” katanya.

Wagubsu Nurhajizah mengatakan, saat ini pemerintah sedang dan akan menumbuhkembangkan, serta memperkuat usaha-usaha agribisnis melalui berbagai instrumen kebijakan yang dimiliki. “Pemerintah bukan lagi eksekutor, tetapi berperan sebagai fasilitator, regulator dan promotor pembangunan sistem dan usaha agribisnis,” ujarnya.

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc dalam sambutannya mengatakan, kegiatan seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-25 UMA. Seminar ini dihadiri para pembicara yang sudah pakar dalam bidang pertanian dan pekebunan, serta tokoh bidang agribisnis di Indonesia, seperti mantan Menteri Pertanian RI Bungaran Saragih.

“Dengan seminar ini diharapkan memberi masukan untuk meninjau kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), baik untuk program sarjana maupun magister agribisnis di Universitas Medan Area dan dapat melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang mengikuti seminar ini,” sebutnya.

Direktur Pasca Sarjana UMA Prof Dr Ir Retna Astuti K MS mengatakan, kegiatan seminar ini sangat baik, mengingat Sumut merupakan basis perkebunan. Sehingga dengan adanya seminar ini menjadi momen dan kesempatan bagi semua pelaku agribisnis, khususnya bidang perkebunan untuk mencari masukan dan berbagi informasi, guna pengembangan perkebunan di daerah. “Mudah-mudahan seminar ini akan bermanfaat bagi kita semua untuk mengembangkan perkebunan di Sumatera Uara,” ujarnya. ***

Keterangan Photo : Photo 4 : Wagubsu  Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH, MH photo bersama dengan Panitia Penyelenggara dan Para Narasumber Seminar Nasional Pengembangan Agribisnis Perkebunan dalam Menghadapi Persaingan Global, di Hotel Polonia Medan Rabu (4/4/2018). ***