Rabu, 19 September 2018

SMMC Bagikan Kartu ATM Beras,

Nezar : Sangat Membantu Kaum Dhuafa


#jack, medan

Kalangan alumni SMA Negeri 1 Medan tergabung dalam Smansa Medan Muslim Community (SMMC) membagikan kartu ATM Beras bagi kaum dhuafa Kota Medan di Teras atau Pelataran Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, Jumat. Dua lokasi ATM Beras yang diadakan SMMC yakni terletak di Masjid Al Jihad dan Masjid Al Musabbihin.

"Kedua ATM Beras tersebut sejak tanggal 9 Maret 2018 telah siap menyalurkan sedekah beras untuk kaum dhuafa Kota Medan,Tim Pengelola ATM Beras oleh Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988) dalam sambutan penyerahan kartu tersebut.

Acara penyerahan tersebut dihadiri sejumlah Alumni SMAN 1 Medan tergabung dalam SMMC yakni HM Nezar Djoeli dan Gus Irawan Pasaribu. Acara tersebut mengundang puluhan kaum dhuafa di sejumlah lokasi di Medan.

Shamir mengatakan, keberadaan ATM Beras ini adalah hasil kerjasama sekitar 1500 anggota Smansa Medan Muslim Community (SMMC). Dengan program utamanya "Kembali ke Tanah Deli", SMMC menguatkan ukhuwah Muslim Smansa Medan. Tujuannya agar mampu bersama-sama ikut berkontribusi meningkatkan syiar.dan dakwah Islam dengan fokus pada pemberdayaan ummat Muslim di Sumatera Utara.

ATM Beras di Masjid Al Jihad resmi beroperasi pada Jum'at, 9 Maret 2018. Sementara ATM Beras di Masjid Al Musabbihin pada Sabtu, 10 Maret 2018.Peresmian ini ditandai dengan pengambilan beras perdana oleh seluruh penerima kartu.SMMC dibawah koordinasi Tim Pengelola ATM Beras oleh Shamir Hasyim Syarif (SMMC 1988), bekerja sama dengan DKM setiap masjid dan Tim Teknis UMSU, menyelenggarakan acara perdana peresmian ATM Beras sekaligus sosialisasi kepada penerima kartu. 

Salah seorang Anggota SMMC yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD Sumut, HM Nezar Djoeli dalam sambutannya berharap kegiatan sosial dan berbagi pada kaum dhuafa ini hendaknya menjadi rutinitas bagi SMMC. Nezar meyakini jika kegiatan pembagian kartu ATM Beras ini gencar dilaksanakan dan diikuti kelompok masyarakat lainya, maka akan mampu mengurangi tingkat kemiskinan melanda daerah.

"Pemerintah harus lebih peka terhadap persoalan rakyat. Berikan program dan bantuan yang dibutuhkan rakyat, seperti program ATM Beras ini yang diyakini sangat membantu rakyat,"

500 Kartu    

Lebihlanjut dijelaskan, pada tahap awal, jumlah penerima kartu di Masjid Al Jihad Medan Baru sebanyak 30 KK dan di Masjid Al Musabbihin Tasbi  28 KK. Mereka diseleksi dari dari data dhuafa produktif bersama DKM Masjid masing-masing.Setiap Kepala Keluarga mendapat kuota beras 4 liter/pekan. Dengan demikian, kebutuhan beras bagi 58 KK tersebut adalah sekitar 11 ton/tahun.

Direncanakan jumlah KK penerima kartu ATM Beras akan ditambah untuk memenuhi kebutuhan dhuafa lainnya. Setiap unit ATM-B mampu melayani maksimal 500 kartu. Jika kondisi tersebut dicapai, maka dengan kuota 4 liter/pekan dibutuhkan beras sebanyak 94 ton/tahun/unit ATM-B.

Tentunya ini sangat membutuhkan dukungan dari segenap kaum Muslim. Tidak hanya yang tinggal di sekitar lokasi masjid, melainkan juga bagi semua yang peduli untuk membantu meningkatkan kualitas hidup saudara seimannya.

"Mulai sekarang, SMMC mengajak kaum Muslim Kota Medan untuk ikut Program Sedekah Beras. Salurkan sedekah terbaiknya untuk penyediaan beras berkualitas secara kontinyu melalui ATM Beras untuk kaum dhuafa Kota Medan.Adapaun nomor rekening ATM Beras SMMC

Bank Syariah Mandiri (kode 451) No Rekening 7108682986 an. SMMC ATM Beras (konfirmasi transfer ke e-mail sedekah.beras@smmc.or.id). */*)