Senin, 17 December 2018

Bea Cukai Musnahkan Barang Bernilai Rp 28 Milyar


#hendrik-rompas

Pemusnahan bersama barang hasil rampasan Negara kembali dilakukan oleh DJBC Sumut,  di Jalan Anggada 2 tepat dihalaman kantor DJBC senilai Rp 28,9 milyar lebih pada Rabu (08/08/2018) siang  sekitar Pukul 11.00 Wib.

Barang yang dimusnakan 3.867 botol minuman keras (Miras) berbagai merek mengandung Etil Alkohol (MMEA) , pakaian bekas (ballpress) sebanyak 9.575 ball,  rokok berbagi merek sebayak 19.020.760 batang.

Kegiatan pemusnahan miras sebanyak 3867 botol tersebut dilakukan dengan cara digilas menggunakan alat berat sementara rokok dimusnahkan dengan cara dibakar sedangkan  ballpress dimusnakan dengan cara ditimbun didalam lobang tapi lokasinya tidak dijelaskan dimana.Dalam pemusnahakan barang tersebut disaksikan oleh para pejabat intansi terkait pada siang siang itu.

Dalam keterangan Persnya, Oza Olavia selaku Kepala Kanwil DJBC Sumut mengatakan kegiatan pemusnahan bersama ini bekerjasama dengan Kejatisu, Kejari Batu Bara, Kejari Tanjung Balai dan Belawan. 

Dengan melakukan pemusnahan bersama atas barang rampasan milik negara, barang bukti tindak pidana kepabeanan yang mendapatkan ijin pemusnahan dari Pengadilan Negeri  sesuai pasal 45 KUHAP, dan barang milik negara merupakan hasil tegahan dari kegiatan penindakan Bea Cukai dan penindakan Polda Sumut, patroli laut Dirjen BC, Lantamal 1 Belawan dan Ditpolairdasu dari tahun 2016, 2017 dan 2018.

Barang barang yang dimusnakan diperkiraan senilai sekitar 29.8 Miliar,  potensi negara akibat tidak dipungutnya Cukai Bea masuk dan PDRI atas rokok serta MMEA illegal  yang dimusnakan sebesar 8,7 Miliar.

Pengamatan wartawan ini dilokasi pemusnahan barang barang hasil sitaan tersebut yang dimusnahkan hanya sebahagian saja yang ditanyakan sebagai barang bukti tapi sisanya masih didalam gudang BC Belawan. ***

Foto terlihat barang sitaan yang dimusnahkan. ***