Senin, 18 December 2017

Sidang Prapid Alkes 4 Terdakwa Batal, Kajari Binjai Kecewa


#sabar, binjai

Kajari Binjai, Victor Antonius Saragih Sidabutar menghadiri sidang pra peradilan empat terdakwa kasus korupsi Alkes 2017 di Pengadilan Negeri Binjai, Jalan Gatot Subroto, Selasa (5/12/2017). Dia hadir bersama dua orang anggotanya. Kejari Binjai menjadi termohon pada kasus itu.

Pengacara para terdakwa, Guntur Rambe mengatakan dia mewakili empat kliennya untuk mengajukan pra pradilan terhadap kliennya, Cipta Depari, Mahum, Suriyanares dan Teddy Low.

"Kami merasa penetapan status tersangka tidak adil karena para saksi bahkan belum diperiksa," katanya.

Namun, sidang yang dijadwalkan dimulai pukul 10.30 terpaksa ditunda hungga pukul 13.00 WIB, karena pengacara tidak bisa menghadirkan saksi ahli hukum perdata untuk memberikan pandangannya. "Kami mohon agar hakim menunda sidang," katanya.

Selain itu, karena Guntur menjadi empat pengacara terdakqa sekaligus,  dia juga meminta agar hakim  mengabulkan  pergantian jadwal persidangan agar dia bisa menghadirkan saksi fakta dan ahli yang meringankan kliennya.

Namun, permintaan itu ditolak oleh Kajari Binjai. Dia mengaku keberatan padal sebelumnya, pemohonlah yang meminta kepada pengadilan untuk meninjau status kliennya yang menjadi tersangka.

Pada uraiannya, jaksa menilai penetapan status tersangka kepada para pelaku karena pihaknya sudah berang kali mengirimkan surat kepada para tersangja namun tidak pernah hadir. "Tidak ada itikad baik dan menghalang-halangi agar surat tidak sampai. Dengan ini kami meminta yang mulia menolak pra peradilan tersangka," katanya.

Kepala tim penyidikan korupsi Alkes RSUD Djoelham Herleny Siregar mengatakan, bahwa para penetapan status tersangka dilakukan setelah mereka melakukan pemeriksaan kepada saksi dan hasil audit investigasi BPKP.  Sidang ini prapid diketuai hakim tunggal MY Girsang.***

Keterangan photo: Kajari Binjai, Victor Antonius Saragih Sidabutar (kanan) menghadiri sidang pra peradilan empat terdakwa kasus korupsi Alkes 2017 di Pengadilan Negeri Binjai, Jalan Gatot Subroto, Selasa (5/12/2017).***