Minggu, 21 October 2018

Sabu 27,93 gram Asal Medan Digagalkan di Kisaran,

Dua Pemesan Diamankan Satres Narkoba Polres Asahan


#jaka, asahan

Narkotika jenis Sabu seberat 27,93 gram (brutto) yang dipasok dari kota Medan berhasil digagalkan Satres Narkoba Polres Asahan di halaman parkir Hotel Sabty Garden Jalan Diponegoro Kisaran, Senin (6-8-2018).

Selain menyita Sabu, pihaknya juga mengamankan 2 orang pemesan dan penyimpan masing-masing Sutrisno (32) warga Dusun IV Desa Baung Sibatu Batu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan dan Dian Martua Batu Bara (25) warga Dusun IV Desa Tanjung Asri Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan.

Hal ini disampakan Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi, S.I.K. melalui Kasat Narkoba AKP Wilson Siregar kepada Wartawan usai melakukan penangkapan dikantornya Jalan A. Yani Kisaran.

Wilson merunut kronologis penangkapan bermula, sepekan sebelumnya pihaknya mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada pengiriman dan penjualan secara rutin Narkoba jenis Sabu dari kota Medan ke Kisaran melalui angkutan umum KUPJ.

Informasi itu, ditindaklanjuti dengan memerintahkan Tim yang dipimpin Ipda G. Siregar untuk melakukan lidik di lapangan selama satu pekan. Tepatnya Minggu 5 Agustus 2018 sekira pukul 21.00 Wib tim mengendus akan ada transaksi Narkoba di Jalan Diponegoro tepatnya di Hotel Sabty Garden Kisaran.

Atas perintah Kasat Res Narkoba Tim dipimpin Ipda G. Siregar melakukan lidik sesuai dengan target tempat. Pada Senin tgl 6 Agustus 2018 sekira pukul 01.30 Wib pada saat pelaksanaan lidik di lokasi target,  tim mencurigai ada seorang laki-laki dewasa bernama Sutrisno sedang berada di halaman parkir Hotel Sabty Garden Kisaran, pada saat dilakukan geledah di badannya pada kantung sebelah kiri jaket yang dipakainya, ditemukan barang bukti berupa  1 bungkus plastik klip ukuran sedang yang berisikan butiran kristal diduga Narkotika jenis sabu. 

Setelah diinterogasi  sementara di TKP diakuinya, bahwa barang bukti tersebut dipesan  Sutrisno melalui  No. HP ( (?) yang bernama Edy yang tidak diketahui alamatnya di Kota  Medan.

"Barang tersebut dikirimkan melalui paket Mobil KUPJ dari Medan ke Kota Kisaran. Setelah paket tersebut sampai di Kota  Kisaran kemudian Sutrisno mengambil dan  menitipkan barang tersebut kepada temannya bernama Dian Martua Batu Bara," sebut Kasat berdasarkan hasil interogasi.

Berdasarkan keterangan Sutrisno yang menyebut nama seseorang, selanjutnya tim melakukan pengembangan dan berhasil menangkap Dian Martua Batu Bara di rumahnya Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan.

Selain menyita Narkotika jenis Sabu seberat 27, 93 gram (brutto), pihaknya juga mengamankan barabg bukti lain berupa 1 (satu) buah plastik assoy warna hitam, 1 (satu) unit HP merk samsung warna hitam dan 1 (satu) unit HP merk nokia warna hitam.

Selanjutnya ke-2 (dua)  orang yang telah menjadi tersangka berserta barang bukti dibawa ke Sat Res Narkoba Polres Asahan guna proses penyelidikan dan penyidikan selanjutnya. ***