Senin, 18 December 2017

Akibat Badai dan Ombak Besar, Ratusan Kapal Ikan Tidak Melaut


#hendrik-rompas

Ratusan kapal nelayan yang berpangkalan dikawasan Pelabuhan Perikanan Samudra Gabion Belawan dan dipangkalan Sei Deli tidak melaut akibat ombak tinggi dan angin disertai hujan deras melanda dikawasan laut.

Hal tersebut disampaikan oleh sejumlah nelayan yang berpangkalan di Pelabuhan Periklanan Samudra Gabion Belawan maupun yang berpangkalan di Sungai Deli dikawasan Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan dan dikawasan Jalan Young Panah Hijau Kelurahan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan.

Ratusan kapal ikan yang berpangkalan di gudang gudang di Pelabuhan Perikanan Samudra Gabion Belawan terpaksa menambat kapal kapalnya di gudang pemiliknya. Begitujuga yang berpangkalan di Sei Deli terpaksa menambatkan kapalnya dipinggirin sepanjang Sei Deli.

Menurut salah seorang nelayan Chairuddin Nasution (55) yang kapal pencari ikannya ditambat di Sei Deli Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan,dia bersama kawan kawan tak berani melaut akibat ditengah laut angin kencang,ombak setinggi 4-6 meter tingginya ditambah hujan cukup deras maka mereka memilih tidak melaut mencari ikan.

Gelombang tinggi disertai angin kencang dan hujan deras tersebut dikawasan selat malaka khususnya di pantai Barat dikawasan perairan Aceh sejak tanggal 28 Nopember 2017 hingga kini kata Awaludin bersama teman temanya.

Sementara itu Kepala Badan Metrologi Klimantologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Maritim Belawan,Abdul Azis membenarkan bahwa saat ini cuaca dilaut sangat buruk.Gelombang setinggi 5-6 meter disertai angin kencang dan hujan deras.Hal tersebut sudah disampaikan kepada seluruh perusahan kapal cargo maupun kapal Tanker dan kusus kapal kapal nelayan agar berhati hati.***

Foto: Kapal para nelayan dan kapal kapal nelayan.