Rabu, 19 September 2018

Bupati Labuhanbatu :

Wujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Transparan


#yasmir, rantauprapat

Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE MSi berpesan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) agar mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang transparan, efektif, efesien, akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan.

Pesan bupati ini, disampaikan Staf Ahli Bupati, Esty Pancaningdiyah MSi, pada acara sosialisasi PPID yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu, di aula Badan Perencana Pembangunan Daerah (Ba0eda), Kamis (12/04/2018).

Menurut Bupati, seperti disampaikan Esty, PPID adalah pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab melakuksn pengelolaan dan pelayanan informasi publik. Meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklarifikasi, penyimpanan, pendokumentasian.

Katanya, sejalan dengan pelaksanaan Undang-undang nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), setian institusi pemerintahan, termasuk Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, wajib menyediakan layanan informasi publik kepada masyarakat. 

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu, melalui Kepala Bidang Pelayanan Informasi Publik, Zainul Arifin MM mengatakan, untuk mempercepat perwujudan pemerintah yang terbuka merupakan usaha strategis mencegah praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) dan terciptanya pemerintahan yang baik.

Kegiatan sosialisasi PPID ink, dihadiri beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Labuhanbatu, para Camat dan beberapa masyarakat.  ***