Rabu, 19 December 2018

Distribusikan Areal Perumahan Eks HGU PTPN-2

Minta Gubsu Distribusikan Sesuai Daftar Nominatif


#sabar-binjai

Kurang lebih 100 Warga penghuni eks Perumahan PTPN-II yang tinggal mulai tahun 1960 meminta kepada Bapak Gubernur Sumatra -Utara Ir.H. T.Erry Nuradi untuk mendistribusihan Areal Ex HGU - PTPN-II yang berlokasi di jalan TH.Amir Hanjah di kelurahan Pahlawan kecamatan Binjai Utara.

Menurut salah satu warga pak M.jaspen pardede dan ibu Hasnida kepada inimedanbung.com Kamis (14/12/2017) di lokasi tempat tinggalnya.

Ujar mereka jaspen dan Hasmida, Berdasarkan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI No. S.30/MBU/01/2015, tanggal 14  Januari  2015 Yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara, tentang penyelesaian permasalahan Areal Eks HGU PTPN-II. 

Atas dasar Surat Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)RI Nomor. S.567/MBU/09/2014  tanggal 30 September  2014 yang ditujukan kepada Direksi PT Perkebunan Nusantara II (Persero) adalah persetujuan prinsip dari Menteri BUMN selaku pemegang Saham /RUPS bagi PTPN-II terhadap mekanisme penyelesaian masalah lahan PTPN-II yang diusulkan Direksi PTPN-II . 

Sesuai pendapat Hukum dari Jaksa Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ( JAMDATUN ), Kejaksaan Agung RI, sebagai bahan koordinasi awal dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara dan Surat Direksi PTPN-II No. 20/X/485/VI/2016 tanggal 27 Juni  2016  yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara tentang Daftar Nominatif dan Permohonan Pelepasan Hak Atas Tanah Eks HGU  seluas ±  1,96 Ha   Kelurahan Pahlawan Kecamatan Binjai Utara  Kota Binjai  . 

Kemudian ditindaklanjuti  Surat Direksi PTPN-II No. 20/X/41/I/2017 tanggal 20 Januari 2017  yang ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah  BPN  Propinsi Sumatera Utara tentang Permohonan Pengukuran Areal Eks HGU PTPN-II seluas  ± 1.633,37 Ha dan Perumahan Eks HGU PTPN- II seluas  ±  778,33 Ha

Sambung jaspen satu areal perumahan tersebut sudah dilakukan pengukuran oleh Tim dari KanWil BPN Propinsi Sumatera Utara beserta Direksi PTPN-II  pada hari Kamis tanggal 07 Desember  2017 . Untuk menjaga agar proses penyelesaian tetap berpedoman pada prinsip-prinsip Good Corporate Govermance sehingga membutuhkan proses dan waktu yang lama, 

Ketua LSM For Peoples Kota Binjai (Samsudin Damanik)kepada inimedanbung.com kamis14/12  yang pada saat itu turut serta memantau dalam hal pelaksanaan pengukuran dan  meminta kepada Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erri Nuradi M.Si  untuk secepatnya mendistribusiksn Areal Perumahan Eks HGU PTPN- II tersebut sesuai matrikulasi dan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 44/HGU/BPN/2002 kepada yang berhak sesuai daftar Nominatif. 

Sambung Udin Damanik  Adapun  dilaksanakannya pengukuran Areal Perumahan Karyawan Eks HGU PTPN- II  sebagai tindak lanjut dari Berita Acara Peninjauan Lapangan oleh Petugas dari Kantor Direksi PTPN-II Tanjung Morawa dan Petugas PTPN- II  Kebun Sei Semayang untuk memenuhi Disposisi Direktur SDM PTPN-II atas Surat Sekda Propinsi Sumatera Utara Nomor:  593/1653 tanggal 07  Maret  2016 yang mana untuk memenuhi dan meneruskan permohonan Kuasa Masyarakat untuk Lahan dan Bangunan Rumah Dinas Eks HGU PTPN- II yang terletak di Jalan T. Amir Hamzah  Kelurahan Pahlawan  Kecamatan Binjai Utara  Kota Binjai  seluas 1,96 Ha. ***

Keterangan photo: Rumah warga di eks PTPN-II di jalan Amir Hamza kelurahan Pahlawan.