Senin, 18 June 2018

Puluhan Rumah Terendam Banjir :

Luapan Air Bah di Kelurahan Sirandorung Rantauprapat


#yasmir, rantauprapat

Puluhan rumah warga masyarakat terendam air, menyusul terjadinya banjir, karena meluapnya Sungai Aek Parudangan dan Sungai Titi Rambe, di Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kota Rantauprapat, Labuhanbatu, sejak Kamis (8/3/2018) malam.

Lokasi banjir berlokasi kurang dari 2  (dua) kilometer dari pusat Kota Rantauprapat itu, merendam puluhan rumah di pemukiman penduduk di sekitar titi rambe, gang selamat, aek parudangan, kampung sawah, di Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara.

Bencana alam banjir ini, selain merendam rumah warga, luapan air juga menyeberangi ruas badan Jalan Aek Matio. Yang dapat mengancam badan jalan, aspalnya terkelupas.

Informasi dari warga masyarakat menyebutkan, bencana alam banjir mengakibatkan terendamnya rumah-rumah warga di tempat ini, sudah sering terjadi. Hingga kini belum ada solusi pemecahannya.

Sementara Camat Rantau Utara, Andrea Nuzulul Manik membenarkan, puluhan rumah warga terendam air, akibat terjadinya banjir luapan Sungai Aek Parudangan dan Titi Rambe. 

Andrea menyebutkan, Pemerintah Kecamatan Rantau Utara sudah pernah menyampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum Labuhanbatu, agar kondisi ini dapat dicarikan solusi pemecahannya. Namun hingga kini, belum juga ada solusi tersebut.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu, M Sofyan menyebutkan, pihaknya terus memantau pergerakan air di sekitar Aek Parudangan dan Titi Rambe. Manakala kondisinya mengkhawatirkan, personil Tim Reaksi Cepat (TRC) segera diturunkan, membantu mengevakuasi warga terdampak banjir. ***