Sabtu, 20 April 2019

Polairud Kembangkan Argo Wisata Bahari di Belawan


#hendrik-rompas, belawan

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Sumatera Utara melalui Wakilnya AKBP  Ir. Untung Sangaji memberikan motivasi kepada para siswa yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Direktorat Polairud Polda Sumut untuk mencintai lingkungan hidup, seperti pelestarian lingkungan hidup, budidaya belangkas ,pembudidayaan ikan Bandeng dan pembuatan Batako dari kulit Kerang dan ekowisata.

Kegiatan tersebut diatas kita lakukan untuk menanamkan sikap menanamkan cinta lingkungan Hidup kepada para siswa dan mengentaskan kemiskinan masyarakat nelayan di pesisir pantai Sumatera Utara, agar kelak dapat memanpatkan alam sekitarnya,tanpa harus merusak kelestarian lingkungan kata Wadir Polairud Polda Sumatera Utara AKBP Ir.Untung Sangaji kepada wartawan ketika memberikan motivasi kepada puluhan siswa yang sedang PKL di markas Ditpolairud Polda Sumut Uatara di Jalan TM Pahlawan No 1 Belawan, Kota Medan, Jumat (15/3/2019) petang.

Kepada para siswa diajarkan bagaimana cara membudidayakan belangkas, salah satu hewani laut, yang kemudian sebagian dilepas kembali ke laut untuk menjaga kelestariannya. Kemudian mengajak para siswa untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak membiasakan membuang sampah ke laut yang menjadi sumber kehidupan para nelayan dan berwisata ke Pulau Siba Hamparan Perak, Deli Serdang yang lokasi itu dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekowisata, ujamembudiyakan ikan Bandeng. Membuat Batako dari Kulit Kerang untuk membuat rumah para nelayan yang berada dipesisir pantai .Mantan tenaga pendidik dan instruktur berbagai keahlian di Pusdikpolairud Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta ini.

Disebutkan Untung Sangaji, kegiatan yang berlangsung sehari penuh itu, sebagai bentuk motivasi bagi para siswa untuk ikut terlibat langsung mencintai lingkungan. "Bahkan ada di antara para siswa yang ingin patungan untuk menabur bibit ikan Bandeng di lahan Pulau Siba sebanyak 3 petak, sebagai bentuk pengembangan ekowisata. Dilokasi Pulau Siba ini juga akan dibuat Restro ikan Bandeng yang tujuannya agar para wisatawan lokal dan dari Manca negara betah ditempat ini. Bagi wisatawan yang ingin memancing ikan dilaut kita persilahkan menggunakan sarana perahu dan Pulau Siba ini sangat gampang dikunjungi, bila dari Belawan menggunakan perahu hanya 25 menit dan bila dari Hamparan Perak sekitar 40 menit.

Sejumlah siswa PKL di Ditpolair Polda Sumut yang terlibat dalam kegiatan cinta lingkungan tersebut, di antaranya, berasal dari SMKN 13 Medan, SMK Pelayaran Medan, SMK Yaspi Medan Labuhan, SMK Yapim Belawan, SMK Harapan Mekar Medan Marelan dan SMK Bina Satria Medan Marelan.

Rencananya, dalam waktu dekat, Untung Sangaji bersama sejumlah pegiat lingkungan akan menanam sedikitnya 25.000 bibit ikan Bandeng dan belangkas di kolam Pulau Siba, sebagai bentuk pengembangan ekowisata, agar pengelolaan pulau tersebut bermanfaat bagi pengembangan ekowisata dan juga dapat dimanfaat bagi pengentasan kemiskinan nelayan.***