Rabu, 19 December 2018

PTPN 4 Kebun Ajamu Jadikan

Pantai Sei Barumun Sebagai Destinasi Wisata Kuliner


#yasmir, rantauprapat

PT Perkebunan Nusantara 4 Kebun Ajamu, Kecamatan Panaihulu, Kabupaten Labuhanbatu, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang beroperasi didaerah ini sejak puluhan tahun silam, ternyata tidak  sekedar mengejar keuntungan belaka. Tetapi turut mengembankan potensi yang disekitarnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara 4 kebun Ajamu, dalam upaya membina lingkungan sekitarnya, yaitu menata kawasan dermaga berlokasi di tepian pantai Sei Barumun, menjadi lokasi wisata kuliner.

Dermaga di tepian Sei Barunun ini, berada di areal Komplek PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Ajamu. Selama ini, dermaga tersebut juga berfungsi sebagai tempat bongkar muat crude palm oil (cpu - minyak sawit) yang aakan diekspor keluar negeri maupun dipasarkan di dalam negeri.

Selain berfungsi sebagai tempat bongkar muat cpo, dermaga ini juga sering dijadikan sebagai tempat maksiat. Bahkan dijadikan sebagai tempat oknum-oknum tertentu "pesta narkoba".

Menyadari akan hal itulah, PT Perkebunan Nusantara IV kebun Ajamu,  mencoba menata tepian pantai Sei Barumun ini, menjadi tempat yang menyenangkan.

Ditempat ini, didirikan sejumlah tenda, sebagai lokasi berjualan makanan. Sehingga jadilah, tepian pantai itu. menjadi lokasi wisata kuliner.

Beraneka macam kuliner pantai dan kuliner lainnya, ditempat ini di perdagangkan. Sehingga kondisi yang dulunya menyeramkan, kini berobah menjadi tempat yang menyenangkan.

Humas PT Perkebunan Nussntara 4 Kebun Ajamu,  Muhammad Aulia Pakpahan, di kamarkerjanya, Kamis (4/1/2018) menyebutkan, kawasan dermaga yang berlokasi di tepian pantai Sei Barumun itu, dahulunya cukup menyeramkan. Tetapi kini, katanya, sejak menjadi lokasi wisata kuliner, kondisinya berubah 360 derjat. Dari lokasi yang menyeramkan, berubah menjadi lokasi menyenangkan.

Disebutksnnya, tidak hanya warga sekitar yang berkunjung ketempat ini, tetapi ada yang datang dari Rantauprapat. Bahkan dari luar Labuhanbatu, ada yang berkunjung ke lokasi wisata kuliner tepian Sei Barumun.

Dengan dijadikannya kawasan dermaga PT Perkebunan Nusantara 4 di tepian pantai Sei Barumun, menjadi salah satu destinasi wisata, dia berharap, kiranya warga masyarakat setempat dapat mengambil manfaat.

Kedepan ucapnya, PT Perkebunan Nusantara 4, akan memberikan perhatian lebih, kepada lokasi wisata kuliner tepian Sei Barumun ini. Sehingga kelak bisa menjadi sakah satu destinasi yang dapar dibanggakan di Kavypaten Labuhanbatu ini. ***