Jumat, 15 December 2017

Peringati HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia

Gubernur Tabur Bunga ke Makam Pahlawan


#jack, medan

 Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) , Gubernur Sumatera Utara (Sumut) HT Erry Nuradi menabur bunga di pusara pahlawan bersama dengan jajaran TNI/Polri dan unsur Forkopimda Sumut, Rabu (4/10/2017). Acara tersebut mengiringi upacara yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw.

Sebagai bentuk rasa terimakasih, Gubernur mengatasanamakan masyarakat Sumut dan pemerintah provinsi (Pemprov) mengucapkan selmat HUT kepada TNI yang telah berjasa terhadap Indonesia khsusunya dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa dari belenggu penjajah. Karenanya di komplek pemakaman Taman Makam Pahlawan, peringatan tersebut digelar sekaligus mengingat jasa para prajurit yang telah wafat.

“Kami atas anma masyarakat dan pemerintah daerah Sumatera Utara mengucapkan dirgahayu TNI yang ke 72 tahun, semoga TNI makin maju dan semakin dicintai rakyatnya,” ujar Gubernur bersama Kapolda dan jajaran TNI serta unsur Forkopimda Sumut lainnya.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, juga dirangkaikan dengan peletakan karangan bunga sebagai ucapan selamat HUT ke-72 TNI di depan tugu Taman Makam Pahlawan Medan. Selain itu, sejumlah makam pahlawan juga diziarahi oleh seluruh peserta upacara sekaligus doa kepada makam para pahlawan.

“Hari ini dalam rangka HUT TNI ke 72, kami melaksanakan ziarah ke pusara pahlawan. Tadi juga Bapak Kapolda jadi Irupnya, dan di tengah-tengah makam ini tentunya kita semuanya berterimakasih kepada para pendahulu kita, para pahlawan yang telah sangat berjasa membangun negara kita ini,” sebutnya.

Adapun beberapa pusara yang diziarahi Gubernur bersama Kapolda dan seluruh unsur Forkopimda Sumut diantaranya Alm Brigjen TNI A Azis Siregar yang pernah menjabat Aster Suwilhan Sumut-Kalbar (wafat 4 Maret 1981), Letjen Purn Raja Inal Siregar yang terakhir menjabat Gubernru Sumut periode 1988-1998 (wafat 5 September 2005), Brigjen H Abdul Manaf Lubis (wafat 6 Agustus 1996) dan Gubernur Sumut periode 1966-1977 Mayjen H Marah Halim Harahap (wafat 3 Februari 2016). Sementara peserta upacara lainnya juga menyempatkan berziarah ke pusara pahlawan lain.

“Tentu juga kami sebagai generasi penerus, akan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Mungkin sampai dengan hari ini, cita-cita itu masih harus kita benahi dan kita lanjutkan. Selamat HUT TNI ke 72 tahun,” sebut Gubernur.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw selaku Irup pada peringatan tersebut, menyampaikan ucapan selamat kepada TNI, semoga semakin jaya, kuat dan satu padu dengan semua unsur anak bangsa. Sebagai bagian dari pertahanan dan keamanan negara, pihaknya juga menyampaikan doa untuk arwah para pahlawan yang terdahulu. ***