Rabu, 19 September 2018

Sungai Aek Pala Meluap :

Satu Rumah Warga Hanyut Diseret Air Bah


#yasmir, rantauprapat

Satu rumah warga masyarakat hanyut diseret air bah, menyusul meluapnya Sungai Aekpala, di Desa Janji, Kecamatan Bilahbarat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (7/3/2018) malam. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, bencana alam banjir penyebab meluapnya air sungai Aekpala ini, menyusul turunnya hujan lebat sejak Rabu (7/3/2018) sore. Daerah sepanjang aliran sungai Aekpala, seakan tidak mampu menampung derasnya arus air yang datang dari hulu.

Akibatnya, satu rumah warga milik Podomoro, yang berada di tepi sungai, hanyut diterjang banjir. Namun dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Karena sebelumnya diterjang air bah, korban bersamz keluarga telah mengungsi ketempat aman.

Beberapa saat setelah air sungai Aekpala meluap, Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), langsung turun ke lokasi bencana memberikan pertolongan.

Kepala BPBD Labuhanbatu, M Sofyan Hasibuan menyebutkan, air bah di Sungai Aekpala, mulai membesar terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Ketika itu sebahagian besar warga belum tidur. Sehingga masyarakat masih sempat mencari tempat aman.

Dia membenarkan, kalau dari peristiwa meluapnya air Sungai Aekpala ini, satu rumah hanyut diterjang air bah. Namun katanya, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Dalam keterangannya, Sofyan menambahkan, bencana alam banjir Sungai Aekpala ini, sudah dilaporkannya kepada Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap SE MSi yang saat ini di Jakarta, melalui Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kabupaten, Ahmad Muflih SH MM. ***