Jumat, 14 December 2018

Belum Berikan Kontribusi Besar Bagi PAD

DPRD Pertanyakan Kinerja PD Pasar Kota Medan


#jack, medan

Anggota Komisi C DPRD Kota Medan, Mulia Asri Rambe mempertanyakan kinerja PD Pasar Kota Medan. Pasalnya, sampai saat ini salah satu badan usaha milik Pemko Medan tersebut belum memberikan kontribusi besar. Terutama Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Padahal sejumlah pasar telah dilakukan revitalisasi dan melakukan kutipan retribusi di 54 pasar yang dikelola. Namun, tidak juga memberikan kontribusi besar. Bahkan, bisa dikatakan jauh dari ekspektasi.

“Saya tidak mengerti lihat kerja PD Pasar ini. Bayangkan dari 54 pasar, kontribusi PAD mereka di 2017 tidak sampai Rp2 miliar. Hanya sekitar Rp1.7 miliar. Sedangkan dana dikeluarkan untuk mereka itu dari APBD Rp 41 miliar. Nanti akan kami bahas dikemanakan retribusi tersebut,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, retribusi dari Pasar Marelan ditaksir sebesar Rp900 juta. Belum lagi retribusi dari pasar yang lain. Tentunya menjadi pertanyaan kemana retribusi lainnya. “Pemasukan retribusi tersebut harus diaudit,” tegasnya.

Dia menambahkan, Komisi C DPRD Kota Medan akan mempertanyakan hal ini segera membahas Laporan Keuangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) pihaknya akan kupas tuntas serta meminta keuangan PD Pasar diaudit. Sebab, tidak berkontribusi besar pada PAD.

“Di LKPJ nanti akan kami kupas tuntas. Ini harus diaudit. Mereka (PD Pasar) selama ini tak ada membicarakan hal ini dengan Komisi C. Mereka kan menganggap. ***