Senin, 23 July 2018

DPRDSU : Pembangunan Masjid Agung Barus Ditampung di P-APBD


#jams, medan

Anggaran pembangunan Masjid Agung Barus yang terletak di sebelah kawasan utama titik nol peradaban Islam di Nusantara yang baru diresmikan Presiden Jokowi diminta agar masuk dalam P-APBD 2018.

Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Tengah, Bahtiar Ahmad Sibarani dan disetujui anggota DPRDSU dari Komisi E dalam rapat dengar pendapat di gedung dewan, Rabu (11/7). Pembangunan masjid tersebut memiliki rencana anggaran Rp20,5 miloar lebih. Selain Masjid Agung Barus, juga direncanakan renovasi Masjid Al Muslimin Pandan dengan anggaran Rp20 miliar yang diharapkan dapat ditampung di APBD 2019. 

"ini kewajiban kita bersama, mengawal apa yang disampaikan Presiden dan harus dilaksanakan. Pertimbangan kami mengusulkan permohonan rencana pembangunan karena Barus merupakan awal masuknya peradaban Islam di Nusantara, kunjungan Presiden di Barus dalam rangka peresmian tugu titik nol peradaban Islam Nusantara, keterbatasan anggaran APBD Kabupaten Tapteng," ujarnya. 

Selain itu, Kabupaten Tapteng juga belum memiliki Masjid Agung yang representatif dengan fasilitas yang memadai serta masjid yang ada sekarang tidak dapat menampung pertumbuhan jemaah khususnya dalam pelaksanaan peringatan hari besar keagamaan seperti salat Idulfitri maupun salat Jumat. Jemaah harus salat hingga ke luar teras masjid.

"Besar harapan kami ini, bisa ditampung di P-APBD 2018 dan APBD 2019. Kami mohon agar ini bisa direalisasikan karena kondisi APBD Tapteng tidak bisa menampung. Kami sudah menyerahkan proposal ini, ke pimpinan DPRD dan anggota dewan dari Dapil 9, semua mendukung, tinggal hari ini harapan dukungan dari Komisi E. Anggaran ini nantinya tidak masuk ke Pemda melainkan langsung ke panitia pembangunan masjid," tambahnya.  

Sekretaris Komisi E, Reki Nelson yang memimpin rapat tersebut juga menyampaikan dukungan pembangunan dua masjid tersebut dan akan dibantu agar masuk dalam P-APBD 2108 dan APBD 2019. Pihaknya juga akan meminta ketua DPRDSU menyurati Pj Gubernur Sumut agar anggaran tersebut dapat dialokasikan sesegera mungkin. ***