Minggu, 21 October 2018

Penyelesaian Masalah Banjir di Sumatera Utara Secara Terpadu

Wagirin Minta Semua Pihak Hilangkan Ego Sentris


#jack, medan

Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman mengapresiasi respon cepat Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi yang langsung meninjau sejumlah titik pemukiman warga korban banjir di Kota Medan. Tidak hanya meninjau korban banjir, Edy juga menggandeng Walikota Medan Dzumi Eldin, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dan Kepala  BWSS II Sumut Roy Pardede untuk turun ke lokasi banjir sekaligus meninjau badan sungai. Edy juga menggelar rapat dadakan dengan Kepala Daerah dan stake holder terkait untuk membahas upaya-upaya kedepan yang dapat dilakukan agar musibah banjir tidak kembali terulang.

"Yang pertama kita patut mengapresiasi respon cepat yang dilakukan Gubernur kita yang mau turun ke lapangan meninjau korban banjir. Beliau juga mengajak sejumlah kepala daerah dan juga Kepala BWSS untuk melihat langsung kondisi badan sungai,"ujar Wagirin kepada wartawan di DPRD Sumut Rabu (19/9/2018).

Wagirin pun mengharapkan langkah awal yang cukup baik tersebut hendaknya ditindaklanjuti dengan langkah-langkah komprehensif terpadu antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, BWSS dan pihak terkait lainnya agar banjir tidak lagi terjadi dimasa-masa mendatang. Wagirin pun mengingatkan agar masing pihak hendaknya mengesampingkan ego sentris kedaerahan masing-masing dan duduk bersama mencari solusi demi kepentingan masyarakat Sumatera Utara.

"Koordinasi memang kata yang gampang diucapkan tapi sulit pelaksanaannya. Tapi kita yakin dengan Gubernur kita yang enerjik ini kita yakin tidak ada yang tidak bisa kalau koordinasi terpadu ini bisa dilakukan. Hilangkan ego sentris kedaerahan atau saling menyalahkan. Karena persoalan banjir ini tanggungjawab kita bersama. Harus ada terobosan yang luar biasa dilakukan. Kalau tidak tentu persoalan banjir ini tidak akan terselesaikan. Lakukan teknis pemetaan permasalahannya dan teknis pemecahan masalahnya,"terang Wagirin. ***