Senin, 18 December 2017

Pilgubsu 2018 Tanpa Perseorangan


#wasgo, medan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara memastikan tidak ada peserta perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pigubsu) tahun 2018 karena sampai batas waktu berakhir Minggu 26 Nopember 2017 pukul 00.00 WIB tak ada satu pun calon perseorangan yang menyerahkan daftar syarat dukungan calon.

"Sejak dibukannya pendaftaran bagi peserta perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pigubsu) tahun 2018 pada tanggal 22 hingga 26 Nopember 2017 hingga pukul 00.00 WIB tidak ada yang menyerahkan dokumen dukungan calon perseorangan ke KPU. Artinya, perhelatan Pilgubsu 2018 tidaka da calon perseorangan," kata komisioner KPU Sumut Yulhasni ketika dihubungi Minggu (3/11) melalui telepon selularnya.

"Pilkada tahun depan hanya diikuti oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik," katanya lagi

Disebutakannya, sebagian orang yang datang ke KPU hanya meminta informasi mengenai pencalonan pasangan perseorangan, namun hingga batas waktu yang ditentukan, tak ada pasangan mendaftar. "Pihaknya akan menghadapi pendaftaran calon gubsu dari parpol dan parpol untuk pemilihan umum mendatang," ungkapnya.

Pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dari partai politik dijadwalkan dibuka 8-10 Januari 2018. Syaratnya, pasangan harus didukung partai politik atau gabungan partai politik dengan minimal memiliki 20 kursi di DPRD Jatim hasil Pemilihan Umum Legislatif 2014. ***

TEKS: Komisioner KPU Sumut Yulhasni