Minggu, 21 October 2018

DKSU Butuh Caleg Peduli Kesenian


#mahbubah, medan
Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) membutuhkan Calon legislatif (Caleg) yang mengedepankan pengembangan seni dan budaya di Sumatera Utara (Sumut).

“DKSU yakin Caleg peduli seni dan budaya akan sepakat dengan visi bersinerji, visioner dan berpikir indah," ungkap Ketua DKSU, Baharuddin Saputra SH saat menerima kunjungan silaturahim Caleg DPRD Sumut dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) daerah pemilihan 3 yakni Kabupaten Deliserdang, Waliyono SSos di Sekretariat kawasan Jalan Darussalam Medan, Selasa (9/10/2018) petang.

Ia menyatakan, legislatif merupakan lembaga strategis dalam mendorong perkembangan kesenian dan kebudayaan etnis di Sumut. "Seniman adalah pelaku seni. Legislatif harus bersinerji dengan seniman dalam menelurkan kebijakan pro pengembangan seni dan budaya" ujar Baharuddin yang saat itu didampingi Sekretaris Harian, Fik Sagala dan Bendahara, Lilik Riadi.

Waliyono merespon keinginan pihak DKSU tersebut. Ia mengklaim memiliki komitmen untuk mengembangkan kesenian dan budaya di Sumut. "Khasanah budaya harus dilestarikan, terutama di kalangan generasi muda dalam menghempang budaya global yang tidak sehat," sebutnya.

Ia mengemukakan, akar budaya jangan sampai tercabut dari generasi muda dan pihak legislatif memiliki tanggung jawab mengawal kelestarian budaya bangsa di tengah “tsunami” informasi teknologi. "Anak kecil sekarang lebih akrab dengan gajet. Sebagian kecil saja yang mau ikut latihan tari atau permainan tradisional," ujarnya.***

Teks Foto: Ketua DKSU, Baharuddin Saputra didampingi Sekretaris Harian, Fik Sagala dan Bendahara Lilik Riadi foto bersama Caleg dari PSI, Waliyono di Sekretariat DKSU kawasan Jalan Darussalam Medan, Selasa (9/10/2018) petang. Foto Mahbubah Lubis