Rabu, 19 December 2018

Konektor Listrik Terbakar, Aktivitas di KPU Sumut 'Lumpuh'


#wasgo, medan

Suasana di KPU Sumut tiba-tiba dihebohkan dengan terbakarnya konektor/jumper listrik di depan ruangan media center KPU Sumut, Rabu (10/1/2018) sekira pukul 15.30 Wib. Akibat kejadian itu, aktifitas di kantor penyelenggara Pemilukada Gubsu dan Wagubsu priode 2018-2023 lumpuh karena listrik padam.
Tak lama kemudian, petugas teknisi PLN tiba, dan menurutnya arus listrik dikonektor 3 pass itu tidak merata sehingga beban tidak stabil ditambah longgarnya penyambungan kabel sehingga terjadinya kebakaran.
Namun sebelumnya, komisioner hingga pegawai di jajaran kesekretariatan KPU Sumut sempat kewalahan alias kalang kabut mengingat pasangan Cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat- Sihar Sitorus ke KPUD Sumut akan datang untuk mendaftar. Sementara listrik masih padam dari lantai satu hingga lantai tiga.
Sebelumnya, pada hari pertama pendaftaran pasangan Edy Ramayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck) mengalami mati lampu hingga tiga kali, sehingga pemeriksaan berkas terganggu. Padahal, perhitungannya pemeriksaan berkas pencalonan hanya memakan waktu 1-2 jam selesai terkecuali berkas tidak lengkap.
Petugas Pelayanan Teknik Listrik yang mengaku bernama Aka Gani membenarkan ada percikan api pada konektor/jumper listrik sehingga terbakar dan membuat listrik padam. “Memang benar, tapi ruangan sudah hidup dan kita cepat menanganinya, akibat pemakaian berlebih sehingga persingnya terbakar. Tapi sudah kita atasi dan sudah aman,” kata teknisi listrik ini.
Meskipun demikian pihak KPU tetap waspada agar tidak terjadi hal seperti ini lagi. Karena dari panitia KPU, Jaka mengatakan sebelumnya tidak tahu menahu mengapa bisa terjadi hal seperti ini. “Yah sekarang sudah membaik dan ruangan sudah hidup semua,” kata Jaka.
KURANG SIAP
Sementara Ganda Sinaga mengatakan, KPU Sumut kurang persiapan. "Semestinya, mereka (KPU Sumut) sudah mempersiapkan jauh hari jika terjadi sesuatu. Jadi untuk kedepannya saya harapkan jangan terjadi lagi," ujarnya. ***