Jumat, 15 December 2017

Wagubsu Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Medan


#jack, medan

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH menyambut kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Medan di Asrama Haji Medan Kamis dini hari (07/09/2017).

Dengan menaiki sembilan bus pariwisata, rombongan jemaah haji tiba di Asrama Haji Medan sekira Pukul 03.30 WIB dari Bandara Kualanamu Deliserdang.

“Allhamdulilaah puji dan syukur kepada Allah karena dengan rahmad dan ridhonya kita bisa bertemu kembali di tanah air setalah bapak ibu menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Semoga Bapak ibu sekalian menjadi haji dan hajah yang mabrur,”ujar Wagubsu saat memberi kata sambutan atas kepulangan para Jemaah haji kloter pertama.

Dalam kesempatan itu Wagubsu, bersyukur jemaah haji kloter pertama bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat. Nurhajizah pun berharap sekembalinya para jemaah haji di daerah masing-masing dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menjadi teladan di masyarakat.

"Dalam kloter ini ada satu orang yang wafat yaitu Yuliana Muhid Abdullah binti Muhid asal Medan. Mari kita doakan segala amal ibadanya diterima Allah dan almarhumah agar diampunkan dosa-dosanya. Kepada keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan keiklhasan,"ujar Wagub lagi.

Senada, perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Iwan Kurniawan mengucap selamat datang kepada Jemaah haji dan berharap tetap menjaga kesehatan setelah 40 hari berada di tanah suci. Dalam kesempatan itu Iwan mengingatkan para jemaah haji tetap mengontrol kesehatan mereka selama 14 hari kedepan di Puskesmas-puskesmas yang ada dengan membawa kartu Jemaah haji.

“Kesehatan ini patut kita syukuri karena ada saudara-saudara kita yang saat ini masih terbaring sakit di tanah suci dan juga ada yang wafat.Kami berharap sekembalinya ke tanah air para Jemaah haji dapat menjadi agen-agen kesehatan dengan berbagi tips kepada calon-calon jemaah haji sehingga merela memiliki persiapan saat nanti akan berhaji,”ujarnya.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Medan Muslim mengatakan, jemaah haji kloter 1 Medan berjumlah 391 orang. Rinciannya 350 orang dari Medan, 25 orang asal Deli Serdang, empat orang dari Labuhanbatu, tiga orang dari Mutasi, empat anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), satu anggota Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), dan tiga anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).***