Rabu, 19 December 2018

Hasil Sementara Final MTQN XXVII,

Sumut Berpeluang Masuk Tiga Besar


#jack, medan 

Sebanyak sembilan belas dari 23 golongan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQN) XXVII di Sumatera Utara (Sumut) telah mengeluarkan hasil penilaian akhir dari babak final. Hingga pukul 22.00 WIB, kamis (11/10), Sumut meraih 15 juara dengan rincian 5 peringkat pertama, 2 peringkat kedua, dan 8 peringkat ketiga. Dari hasil tersebut, Sumut berpeluang masuk tiga besar.

Sementara itu, Jakarta bertengger dipuncak dengan raihan 7 juara peringkat pertama. Disusul Kepri dengan 6 juara peringkat pertama. Sumut berada diposisi ketiga untuk hasil sementara. Namun, posisi ini akan berubah karena masih ada empat golongan lomba lagi yang belum mengeluarkan hasil penilaian.

Dua golongan diantaranya, Cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Cabang Tilawah Golongan Qiraat Sab’ah Mujawwad Dewasa, perlombaannya masih berlangsung hingga Kamis malam di Astaka Jalan Willem Iskandar Medan. Dua golongan lainnya yakni Cabang Kaligrafi Golongan Hiasan Mushaf dan Cabang Kaligrafi Golongan Naskah masih menunggu hasil keputusan dewan hakim.

Adapun lima peserta dari kafilah Sumut yang meraih pertingkat pertama pada Cabang Fahmil Quran Putri, Cabang Hifdzil Quran Putra dan Putri Golongan 1 Juz dan Tilawah, Cabang Kaligrafi Putri Golongan Kontemporer, dan Cabang Syahr Quran Putra.

Sedangkan dua peserta yang meraih peringkat kedua ada pada Cabang Hifdzil Quran Putri Golongan 5 Juz dan Tilawah serta Cabang Makalah Putra. Provinsi lain yang meraih peringkat kedua terbanyak diraih oleh Riau dengan jumlah 5 juara peringkat kedua, serta 4 juara peringkat kedua untuk Banten dan Jawa Barat.

Untuk delapan peserta peringkat ketiga diraih pada golongan Cabang Fahmil Quran Putra, Cabang Hifdzil Quran Putri 30 Juz, Cabang Kaligrafi Golongan Kontemporer Putra, Cabang Makalah Putri, Cabang Tafsir Putri Golongan Bahasa Arab, Cabang Tilawah Putri Golongan Anak-Anak, Cabang Tilawah Putri Golongan Qiraat Sab’ah Murattal Dewasa, dan terakhir Cabang Tilawah Putri Golongan Remaja.

Sumut menjadi provinsi peringkat tertinggi yang meraih juara tiga. Disusul Jakarta, Jawa Barat, dan Banten dengan jumlah 4 juara peringkat tiga. ***