Rabu, 15 August 2018

Jaga Kebersihan Pasar Tradisional!


#ali amran, perbaungan
Bupati Serdangbedagai (Sergai), Ir H Soekirman mengingatkan para pedagang agar selalu menjaga kebersihan pasar tradisional di Pasar Baru Kelurahan Tang Terap Kecamatan Perbaungan.

“Pasar tradisional harus ramai supaya laris. Untuk menciptakan keramaian, harus aman, nyaman dan bersih,’ ujarnya saat hadir pada kegiatan syukuran dan tatap muka dengan para pedagang di pasar tersebut, Rabu (8/8/2018).

Ia juga menyarankan kepada pedagang agar terus berinovasi sehingga tetap diminati masyarakat. “Kalau kita tidak terus berinovasi, masyarakat akan malas ke pasar ini,” tukasnya.

Selain itu, Bupati Soekirman juga mengimbau para pedagang untuk mempererat silaturahim dan mengutamakan musyawarah dalam setiap mengambil kebijakan. “Semoga, setelah ditata seperti ini sejak tahun 2015, Pasar Baru Batang Terap semakin diminati masyarakat,” sebutnya dihadapan Camat Perbaungan, Gunawan JW Hasibuan SSTP, Ketua Panitia, Sulaiman Pohan, Lurah Batang Terap, Andi Akbar Perdana SSTP, unsur Muspika Perbaungan, tokoh agama, tokoh masyarakat Perbaungan dan ratusan anggota komunitas pedagang pasar rakyat Perbaungan.

Sebelumnya, Kadis Perindag Sergai, Hj Nina Deliana Hutabarat SSos MSi melaporkan, Pasar Baru Batang Terap dibangun sejak tahun 2015 dan berkapasitas 200 pedagang. Di pasar tradisional lama, lanjutnya, ada sistem sewa-menyewa kios yang dianggap sangat memberatkan pedagang. Sementara, di Pasar Baru ini hanya dikenakan biaya retribusi Rp3.000 per kios per hari dan loss Rp2.000 per hari. “Pedagang mengucapkan syukur atas hak pakai yang diberikan kepada pedagang pasar oleh Pemkab Sergai. Jika tidak digunakan lagi sebagai pedagang, maka Hak Pakai akan gugur,” tandasnya.***

Teks Foto: Bupati Sergai, Ir H Soekirman didampingi Kadis Perindag, Hj Nina Deliana Hutabarat SSos MSi, Camat Perbaungan, Gunawan JW Hasibuan SSTP meninjau Pasar Baru di Batang Terap Kecamatan Perbaungan, beberapa waktu lalu. Foto: Ali Amran