Rabu, 19 September 2018

Kuatkan Bahasa Indonesia Diruang Publik

Balai Bahasa Sumut Sambangi Ketua DPRD


#jack, medan

Kepala Balai Bahasa Dr. Fairul Zabadi, Jumat (13/4/2018) beraudiensi dengan Ketua DPRD Sumatera Utara, H. Wagirin Arman, S.Sos diruang Kerja Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut Dr. Fairul Zabadi mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Utara merupakan satu-satunya Provinsi di Indoenesia yang memiliki Perda Bahasa Indonesia (Perda no8/2017).

“Kedatangan kami bertujuan untuk Penguatan Pengunaan Bahasa Indonesia di ruang Publik wilayah Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Utara tentang Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Perlindungan Bahasa Daerah dan Sastra  Daerah. Kami juga mohon dukungan dari Bapak Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk diterapkannya Perda Pengunaan Bahasa Indonesia di ruang Publik, sebagai contoh penggunaan Bahasa Indonesia pada kata-kata Selamat Datang di Bandara Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara,” ujar Fairul Zabadi.

Balai Bahasa mempunyai titik sasaran ruang publik untuk penggunaan Bahasa Indonesia antara lain penggunaan bahasa Indonesia pada Badan Publik, Lembaga-lembaga Pendidikan dan Badan-badan Usaha serta penggunaan Bahasa Indonesia pada menu-menu Restoran dan Hotel. Balai Bahasa juga mohon dukungan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dapat membantu, memfasilitasi pertemuan dengan seluruh Walikota/Bupati Kabupaten/Kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara untuk sosialisasi Perda Bahasa serta sama-sama menerapkan penggunaan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah dan Sastra Daerah.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos didampingi Kabag Informasi dan Protokol Benny MIraldy, SE, MSP dan Kasubbag Protokol dan Hubungan antar Lembaga Evelyn Sitanggang, SE, MSP mengatakan bahwa DPRD Provinsi Sumatera Utara berharap Balai Bahasa dapat memberikan semua data yang telah dikumpulkan serta menyurati kembali ke DPRD Provinsi Sumatera Utara melalui Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk pengusulan Rapat Kerja yang akan dikoordinir oleh Komisi A dan Komisi E dengan mengaagil pihak-pihak terkait.

DPRD Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Balai Bahasa Sumatera Utara untuk penguatan penggunaan Bahasa Indonesia dan Perlindungan Bahasa Daerah dan Sastra  Daerah di Provinsi Sumatera Utara Khusunya di Kota Medan.  Selanjutnya diharapkan kepada Balai Bahasa dapat melakukan pelestarian dan pembinaan terhadap Bahasa daerah yang ada di Sumatera Utara

Turut dalam pertemuan tersebut dari Balai Bahasa Sumatera Utara yaitu Drs. Tomson Sibarani, M.Hum, Agus Mulia, SS, Yulia Fitra, M.Si dan Dr. Rosliani, M.Hum. ***