Kamis, 18 January 2018

Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis

Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Terbentuk


#yasmir, aekkanopan

Meningkatkan minat baca dan tulis masyarakat, khususnys para generasi muda, Komunitas Pendidikan dalam musyawarahnyah yang berlangsung Selasa (9/1/2018), di SD Muhammadiyah 1 Aekkanopan,  berhasil membentuk dan menyusun pengurus Forum Masyarakat Literasi (Formal) Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Adapun susunan pengurus Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara itu, terdiri dari Sri Siti Rasida SPd MSi sebagai Ketua, Siddik SPd.SD sebagai Sekretaris, dan Lahuddinnur Harahap SE sebagai Bendahara.

“Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara, diharap berkontribusi meningkatkan kompetensi masyarakat, agar semakin cerdas menyikapi makna tersirat dari setiap wacana. Masyarakat mampu mempolarisasi dari setiap kemampuan personal dalam bahasa komunikasi, adanya budaya baca pada setiap pribadi,” ucap Ketua Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara, Sri Siti Rasida SPd MSi, saat mempresentasikan urgensi literasi di hadapan para pengurus.

Hal senada juga disampaikan Siddik, selaku Sekretaris Forum Masyarakat Literadi Labuhanbatu Utars. Menurutnya, geliat literasi diharap mampu menghasilkan insan-insan penulis yang dibanggakan dari Labuhanbatu Utara, serta adanya wisata literasi di "Bumi Basimpul Kuat".

Dalam kesempatan itu, Siddik menjelaskan, susunan Pengurus Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara, dilengkapu 4 departemen. Yaitu terdiri dari Departemen Pengorganisasian dan Jaringan dengan koordinator Sujamal SP SPd, Departemen Logistik dan Distribusi dengan koordinator Rio Risman Berri Harahap, Departemen Program Membaca dan Menulis dengan koordinator H Sofian MHum, dan Departemen Humas dan Komunikasi dengan koordinator Laila Tanjung SE.

Siddik, yang sebelumnya pernah berkecimpung dalam United States Agency for International Development (USAID) menjelaskan, ada nilai literasi dalam filosofi perantau Sumatera Barat.

“Dulu masyarakat Sumatera Barat, saat merantau senantiasa berkirim surat kepada keluarga di kampung. Berbeda dengan masyarakat kita di sini, memberi kabar melalui surat tatkala sudah berhasil. Hal ini menyiratkan literasi masyarakat Sumatera Barat lebih terlihat pada masa lalu,” kata Siddik.

Berdasarkan musywarah Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara, tanggak 21 Januari mendatang, akan mengadakan kegiatan ‘Serak Buku’, di lapangan Bhayangkara Aekkanopan. Selain itu, pada Mei mendatang akan mengadakan kegiatan pengukuhan Bunda Baca.

Musyawarah pembebtukan Forum Masyarakat Literasi Labuhanbatu Utara tersebut, dihadiri Kordinator  Pengawas (Korwas) SMP Drs Syahrial Efendi MPd, Sekretaris PGRI Labuhanbatu Utara, Feri Irawan SPd.SD, Kasubbag Program Dinas Pendidikan,vJarot Hamdani SPd, Kepala Seksi GTK SD Elwi Nurita MPd, Kepala Seksu GTK PAUD Zulfitri SPdI MSi, dan pengurus lainnya.***