Rabu, 19 September 2018

Perpustakaan Umum Labuhanbatu :

Ramaikan Pekan Raya Sumatera 2018 di Medan


#yasmir, medan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesuai visinya "bersama masyarakat gemar membaca dan budaya tertib arsip menuju Labuhanbatu hebat dan berkompeten", merupakan garda terdepan dalam memasyarakatkan gerakan literasi dan tertib arsip.

Sebagai garda terdepan dalam gerakan literasi dan tertib arsip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, tak henti-hentinya berinovasi menjalankan program, sesuai dengan visi dan !isinya.

Salah satu program rutin tahunan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, yaitu mengisi stand pameran kabupaten ini di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), seperti halnya tahun 2018 yang berlangsung dari 16 Maret sampat 16 April.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, Ir Leo Sunarta Marpaung MMA menyebutkan, melalui pameran di PRSU kita mensosialisasikan gerakan literasi, yang dicanangkan Bupati H Pangonal Harahap sejak tahun 2016 lalu.

Kita berharap, katanya, dengan ikut sertanya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu mengisi stand pameran di arena PRSU, masyarakar Sumatera Utara, bahkan nasional dan intrrnadional tahu, kalau gerakan literasi sudah menjadi budaya di daerah ini.

"Ini dibuktikan, dalam dua tahun terakhir pertumbuhan taman bacaan masyarakat cukup pesat. Begitu juga perpustakaan sekolah, mulai tingkat sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah, sekolah menengah pertama / madrasah tsanawiyah. Sampai sekolah menengah atas / sekolah menengah kejuruan / madrasah aliyah", ujarnya menjeladkan.

Bahkan, yang tidak kalah pentingnya, ucap pria berkacamata ini, gerakan literasi di Kabupaten Labuhanbatu, kini juga sudah maduk ke dunia Perguruan Tinggi. Tidak hanya mahasiswa, tetapi dosen juga ikut mendukung gerakan literasi.

Leo menyebutkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, sebagai pengelola Perpustakaan Umum di Jalan Meranti Rantauprapat, sudah menjalankan " Open Acces System atau Sistem Layanan Terbuka". Itu artinya, semua pemustaka yang sudah menjadi anggota atau belum, diberi kebebasan mencari, memilih dan mengambil sendiri buku yang diinginkan atau diperlukan langsung ke rak buku. Sesuai uang diinginkan atau diperlukan.

Sementara dalam pameran di arena PRSU tahun 2018 ini, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Labuhanbatu, menampilkan / memajang sejumlah buku yang diterbitkan tahun 2017 lalu. Pemerintah Kabupaten ini, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, ada menerbitkan sejumlah judul buku. Buku-buku tersebut, ditulis dan dikarang putera-putera Labuhanbatu.

Terkait dengan kegiatan PRSU, Leo Sunarta menyebutkan, diharapkan kepada semua pihak, agar hadir dan datang ke stand pamerintah kabupaten, untuk melihat koleksi buku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lanuhanbatu. Khususnya buku-buku yang ditulis putera-putera daerah Labuhanbatu. ***